Kisah Inspiratif

Jualan Sabun dari Warung ke Warung, Harjo Susanto Bisa Punya Harta Triliunan

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 17 Nov 2021 06:33 WIB
Harjo Sutanto
Jualan Sabun dari Warung ke Warung, Harjo Susanto Bisa Punya Harta Triliunan
Jakarta -

Nama Harjo Sutanto kini masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Pria yang kini berusia 90 tahunan ini merupakan Wings Group. Dia juga tercatat sebagai crazy rich tertua di Tanah Air.

Berdasarkan data Forbes yang dikutip, Rabu (17/11/2021), total nilai harta Harjo Sutanto adalah US$ 530 miliar atau sekitar Rp 7,5 triliun. Di Indonesia dirinya masuk daftar 50 orang terkaya.

Orang terkaya nomor urut 48 di Tanah Air ini karena jerih payahnya selama ini menjual sabun. Bersama sahabatnya, Johannes Ferdinand Katuari, Harjo Sutanto menjual sabun dari pintu ke pintu lebih dari 60 tahun yang lalu di Jawa Timur.

Dengan kerja keras dan konsisten dalam memasarkan produk sabun buatannya sendiri. Lingkup pasar produknya pun sudah mulai masuk ke warung-warung hingga tersebar ke agen.

Pada saat itu, perusahaan sabunnya di bernama Fa Wings. Pada awalnya, mereka cuma memproduksi sabun colek, namun akhirnya juga memproduksi sabun mandi merek GIV yang laku keras.

Seiring waktu berjalan, kini Harjo Sutanto berhasil menjadikan Wings Grup sebagai salah satu produsen sabun terbesar di Indonesia. Produknya pun dengan sangat mudah dijumpai di supermarket dan toko-toko ritel besar lain, sebut saja produknya Nuvo, So Klin, Kodomo, Ciptadent, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, Wings Grup juga sekarang memproduksi produk rumah tangga seperti pembersih toilet, detergen, dan pembalut wanita.

Satu lagi, Wings Grup juga memiliki produk makanan yaitu mie instan dengan merek Mie Sedaap. Kini pasarnya pun sudah tidak hanya di Indonesia, melainkan ekspor.

Tidak sampai di situ, Wings Grup juga termasuk perusahaan yang cepat mengikuti perkembangan zaman. Terbukti dari bisnis franchise peritel minimarket FamilyMart.

Kesuksesan Harjo Sutanto pun kini menurun ke anak-anaknya. Salah satunya adalah Fifi yang sekarang memimpin di Ecogreen, anak perusahaan Wings yang aktif dalam produk oleo-kimia.

(fdl/fdl)