Kenalan dengan Mendiang Ray Tomlinson, Bapak 'Email' Dunia

ADVERTISEMENT

Kenalan dengan Mendiang Ray Tomlinson, Bapak 'Email' Dunia

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 14 Feb 2022 07:30 WIB
Ray Tomlinson
Foto: internet
Jakarta -

Email menjadi alat perantara untuk mengirim dan menerima pesan hingga saat ini. Terbentuknya email berasal dari sebuah keresahan pria asal Amerika Serikat (AS) bernama Ray Tomlinson.

Ia dijuluki sebagai 'Bapak email' karena dialah penemu email dan simbol '@' yang hingga saat digunakan. Tomlinson sendiri telah wafat pada 5 Maret 2016, saat dia berusia 74 tahun. Meninggalnya Tomlinson disebut akibat serangan jantung.

Pemilik nama lengkap Raymond Tomlinson, lahir di Amsterdam. Ia adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Terkenal sebagai seorang ahli komputer, Tomlinson merupakan lulusan teknik dari Rensselaer Polytechnic Institute pada 1963.

Barulah kemudian pada 1965, Ia mengambil jurusan teknologi komputer untuk masternya di Massachusetts Institute of Technology. Pada tahun 1967, saat belajar untuk gelar doktor, ia bergabung dengan BBN atau sekarang Raytheon BBN Technologies.

Meski telah tutup usia, karyanya masih bermanfaat hingga saat ini. Lambang '@' kini telah digunakan oleh miliaran orang setiap harinya.

Kisah awal Tomlinson memiliki ide untuk membuat email, bermula pada tahun 1970-an. Ide itu muncul dari keresahannya karena saat itu mengirim pesan melalui komputer hanya bisa saling sapa antara model komputer fisik yang sama.

"Penemuan email muncul dari keinginan pribadi untuk cara yang lebih nyaman dan fungsional untuk berkomunikasi," kata Tomlinson dahulu pada kesempatan induksi ke Internet Hall of Fame, dikutip dari Raytheon Technologies, Senin (14/2/2022).

Kemudian, proyek itu digarap pada 1971 sebagai pekerjaan sampingannya. Di mana saat itu dirinya bekerja sebagai insinyur komputer di Bolt, Beranek and Newman atau saat ini disebut BBN Technologies.

Dia mengembangkan sistem email jaringan pertama di dunia dengan mengintegrasikan dua program. Pertama Sndmsg, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke orang lain di jenis komputer yang sama. Kedua adalah Cpynet, yang menyalin file antar komputer yang terhubung ke jaringan.

Lantas bagaimana setiap mesin tahu ke mana harus mengirim pesannya? Jawaban Tomlinson adalah membuat alamat email dalam format username@computername. Demikian dikutip dari The Guardian.



Simak Video "Cerita Inspiratif Fanboy yang Berhasil Raup Cuan Gara-gara K-Pop"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT