Sosok Alex Rins yang Kritik Sirkuit Mandalika, Ternyata Bergaji Rp 42 M!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 14 Feb 2022 16:45 WIB
Alex Rins di Sirkuit Mandalika
Alex Rins/Foto: Afif Farhan/detikcom
Jakarta -

Gelaran tes pramusim MotoGP 2022 telah diselenggarakan selama 3 hari terakhir (11-13 Februari) di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Para rider pun melontarkan berbagai komentar mengenai sirkuit ini, baik positif maupun negatif. Salah satunya Alex Rins.

Menurut pebalap Suzuki Ecstar itu, Sirkuit Mandalika harus lebih sering digunakan untuk balapan lokal, sebelum digunakan untuk gelaran MotoGP Maret nanti.

Sebab menurut Alex Rins, dengan kondisi yang ada saat ini, sirkuit masih perlu berbenah untuk menggelar balapan pada Maret nanti. Kendati trek utama dibersihkan, itu tidak menyelesaikan masalah, karena lintasan perlu memiliki racing line (garis balap) cukup lebar, yang bisa digunakan pebalap untuk melibas trek dengan mendorong limit (batas) motor mereka.

Selain itu, racing line yang lebar juga dapat membantu pebalap melakukan overtaking (aksi menyalip), serta bisa menambah daya cengkeram ketika lebih banyak karet-karet ban yang menempel di aspal.

Satu-satunya cara, menurut Rins, adalah lintasan harus sering dipakai balapan. Karena dengan sering dipakai balapan, menurut Rins racing line di Sirkuit Mandalika akan terbentuk dan itu akan memudahkan rider MotoGP untuk memaksimalkan motornya sampai batas tertinggi.

Jadi salah satu rider yang bisa "menjajal" sirkuit Mandalika ini, gimana sih sosok Álex Rins ini?

Setelah melakukan debut di Kejuaraan Moto3 2012, ia meraih podium pertamanya di ajang yang sama dan menempati posisi ke-5. Dia pindah ke kategori Moto2 setelah mendapatkan posisi ke-2 dan ke-3 di ajang Moto3 2013 dan 2014.

Di Moto2, ia menunjukkan bakatnya dengan cara yang sangat profesional dan mendapat posisi ke-2 pada debutnya. Setelah menempati posisi ke-3 pada tahun 2016, ia masuk kategori MotoGP.

Namun sayang, debutnya pada musim 2016 tidak berhasil karena ia mendapat posisi ke-16. Meski demikian, pembalap asal Spanyol ini berhasil berkompetisi di kelas MotoGP setelah Team SUZUKI ECSTAR merekrutnya pada musim 2017.

Setelah itu kemudian dia tampil lebih baik dengan posisi terbaiknya di posisi ke-3 di MotoGP 2020 dengan memenangkan satu balapan dan 4 podium.

Sekarang ini Alex Rins aktif dan akan membalap di ajang MotoGP 2022. Adapun kesepakatan kontrak Alex Rins dengan Suzuki terungkap saat ia mendapat kenaikan gaji pokok serta biaya per balapan.

Diketahui bahwa gaji pokok Alex Rin sebesar US$ 3 juta atau sekitar Rp 42,9 miliar (kurs Rp 14.300/dolar AS). Sedangkan untuk biaya per balapan mencapai US$ 157.500 atau setara dengan Rp 2,25 miliar.

(fdl/fdl)