ADVERTISEMENT

Kisah Inspiratif

Michael Bambang Hartono, Orang Kaya RI yang Hobi Makan di Pinggir Jalan

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Rabu, 30 Mar 2022 07:46 WIB
Kontingen Indonesia ke Asian Games 2018 diperkuat orang terkaya Tanah Air. Dia Michael Bambang Hartono, yang tampil di cabang olahraga bridge.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Sebuah foto yang menampilkan warung makan menarik perhatian banyak orang. Bukan karena warungnya, tapi sosok pria yang ada dalam foto itu membetot perhatian publik.

Sepintas tidak ada yang spesial dari pria yang ada di foto itu. Dia hanya pria lansia yang hanya mengenakan kaos polo sederhana berwarna hijau.

Itu jika dilihat sepintas. Tapi jika diperhatikan lagi ternyata dia bukan pria biasa di negeri ini. Dia adalah Michael Bambang Hartono yang merupakan pemilik perusahaan rokok kretek Indonesia, PT Djarum Indonesia. Dia juga merupakan pemegang saham terbesar di PT Bank Central Asia (BCA) Tbk bersama adiknya, Robert Budi Hartono.

Di foto yang diunggah itu terdapat tulisan "Beliau customer setia tahu pong Karangsaru, Semarang. Xie xie om Hwie Siang (Michael Bambang Hartono) - Big Bos Djarum & BCA," bunyi tulisan tersebut.

Eline, pemilik warung mengatakan, Michael sudah jadi pelanggan setia warungnya selama 35 tahun, sejak warungnya masih di pinggir jalan sampai sekarang memiliki tempat tetap. "Sejak kami masih di tenda kaki lima pinggir jalan, sampai sekarang kami pindah di depot yang lebih lumayan, beliau tetap setia," katanya.

Michael Bambang Hartono makan di warungMichael Bambang Hartono makan di warung Foto: Istimewa

Foto makannya Michael yang diunggah @ayudh69 itu sebetulnya foto yang sebelumnya viral di 2019, namun kembali viral lagi di 2022. Hal ini terjadi di tengah banyaknya orang kaya dengan sebutan crazy rich menjadi tersangka dan membagikan kehidupan yang sangat mewah.

Michael memang terkenal sebagai sosok yang sederhana. Padahal, jika ia mau dalam sekejap kemewahan bisa datang begitu saja.

Dalam daftar Bloomberg Billionaire Index yang membuat daftar 500 orang terkaya di dunia di 2022, dikutip 29 Maret 2022, Michael berada di posisi 91 orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai US$ 18,4 miliar atau setara Rp 264,19 triliun (kurs Rp 14.358).

Ia hanya kalah dari sang adik yang menempati posisi 80 dengan kekayaan Rp 279,98 triliun. Artinya, dari daftar itu bisa dikatakan Michael adalah orang terkaya kedua di Bumi Pertiwi.

Selain pengusaha sukses, Michael juga merupakan seorang atlet. Michael tercatat sebagai salah satu atlet Asian Games 2018. Pria kelahiran 2 Oktober 1939 ini membela Indonesia di cabang olahraga bridge. Partisipasi Michael semakin fenomenal setelah pendiri Djarum Bridge Club itu sukses membawa pulang medali perunggu.



Simak Video "Cara Orang-orang Terkaya di Dunia Hadapi 'Hari Kiamat' "
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT