Kisah Sahabat Rasulullah: Az-Zubair bin Al-'Awwam Lepas Seluruh Harta di Jalan Allah

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Rabu, 20 Apr 2022 08:36 WIB
Infografis garis keturunan Gadis Pemerah Susu
Foto: Fuad Hasyim/detikcom
Jakarta -

Az-Zubair bin Al-Awwam merupakan sahabat yang masih mempunyai pertalian darah, dan masih berhubungan keluarga dengan Rasulullah. Menurut buku Ensiklopedia Sahabat oleh Ibnu Al Jauzi, namanya adalah Abdillah Az-Zubair bin Awwam bin Khuwalid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushai bin Kilab. Ibunya bernama Shafiyah binti Abdul Muthalib, bibi Rasulullah.

Rasululllah sangat membaanggakan sosok Az-Zubair, hingga beliau bersabda, "Setiap nabi punya pengikut setia, dan pengikut setiaku adalah Az-Zubair bin Al-'Awwam." (HR.Bukhari Muslim dalam kitab Shahihain).

Az-Zubair termasuk ke dalam daftar sepuluh orang yang sudah dijamin masuk surga. Ia masuk Islam sejak usia 16 tahun, melalui ajakan Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Az-Zubair bin Al-Awwam adalah seorang yang berbudi luhur dan berakhlak mulia yang dikenal sebagai orang yang sangat pemurah. Ia juga berhasil mengurus urusan bisnis dengan cemerlang. Sehingga, tak heran jika sosoknya dikenal memiliki kekayaan yang melimpah.

Zubair selalu meinginfakkan hartanya di jalan Allah. Az-Zubair memiliki 1000 macam kekayaan yang dikeluarkan untuk berperang, dan tidak ada uang satu dirham pun yang masuk ke rumahnya. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Zubair membagi-bagikan uang, setiap malam. Barulah setelah itu, Ia pulang ke rumah tanpa membawa uang sepeser pun. Artinya, harta yang Ia miliki disedekahkan seluruhnya.

Bahkan dalam buku 'Road to Jannah' karya Robi Afrizan Saputra, menuliskan bahwa Zubair membelanjakan semua hartanya di jalan Allah, hingga ia wafat dalam keadaan terlilit utang. Ia pun sempat mewasiatkan kepada anaknya untuk membayarkan utangnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.