Dua Pengusaha Muslim Kaya Raya di Inggris, Awalnya Jual Bensin Eceran

ADVERTISEMENT

Dua Pengusaha Muslim Kaya Raya di Inggris, Awalnya Jual Bensin Eceran

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 26 Apr 2022 03:15 WIB
Ilustrasi bisnis plan
Foto: shutterstock
Jakarta -

Kisah dua bersaudara keturunan India yang saat ini menjadi miliarder di Inggris. Mohsin dan Zuber Issa saat ini diketahui adalah pemilik perusahaan yang bergerak di bidang ritel, restoran siap saji hingga pom bensin di Inggris, Euro Garages (EG) Group.

Dua bersaudara muslim itu kini kekayaannya ditaksir 4,68 miliar pound sterling atau setara Rp 85,8 triliun (kurs Rp 18.530). Laporan itu catatan kekayaan pada 2021, yang diberitakan oleh The Times.

Sebelum menjadi miliarder, Issa bersaudara itu hanyalah anak dari seorang ayah yang bekerja sebagai buruh pabrik. Lahir dari ibu dan ayah India, yang pindah ke Inggris pada 1960-an. Mereka lahir tepatnya di Blackburn, Inggris. Demikian dikutip dari Lancs Live, Senin (25/4/2022).

Issa bersaudara dibesarkan di sebuah rumah bertingkat di Blackburn. Ketika ayahnya harus keluar dari pekerjaan itu, dibelilah garasi kecil untuk berjualan bensin eceran dan minuman. Jadi ala pom bensin sekaligus ritel. Kala itu Issa bersaudara ikut membantu sang Ayah.

Meskipun bisnis itu dijual, namun tak memutuskan semangat Issa bersaudara. Hal itu malah memicu ide untuk membuka bisnis yang sama, dengan versi yang lebih besar. Mereka menyewa sebuah pom bensin selama dua tahun.

Kemudian pada tahun 2001 membeli halaman depan pertama mereka di Brandlesholme Road, di Bury. Dari bisnis itulah Issa bersaudara akhirnya mendapatkan banyak pundi-pundi uang.

Kebetulan letak pom bensin itu di jalan sibuk yang menghubungkan Bury dan Ramsbottom, dan dikelilingi oleh perumahan. Makanya tidak pernah sepi pelanggan.

Namun saudara-saudara Issa memimpikan sesuatu yang jauh lebih besar daripada sebuah bisnis pom bensin. Mereka mulai mengembangkan ritel. Tidak diketahui tepatnya tahun berapa, namun inovasi ini menjadi perkembangan bisnis Issa bersaudara.

Lanjut di halaman beriktunya.



Simak Video "Moorissa Tjokro: Berpikir Kritis Jadi Keterampilan yang Wajib Diasah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT