Kisah Inspiratif

Kisah Ramon Ang, Buka Bengkel Hingga Jadi Pemilik Produsen Bir Raksasa

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 18 Mei 2022 07:32 WIB
Ramon See Ang, konglomerat Filipina yang menjadi pemilik kerjaan bir di bawah bendera San Miguel Corporation (SMC)
Ramon See Ang/Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Ramon See Ang menjadi salah satu konglomerat Filipina yang menjadi pemilik perusahaan bir di bawah bendera San Miguel Corporation (SMC). Meski kini menjadi salah satu orang terkaya di Filipina, perjalanannya mencapai titik saat ini tidak mudah.

Ramon See Ang merupakan orang terkaya ke-9 di Filipina berdasarkan catatan Forbes 2021. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 1,9 miliar atau Rp 27,7 triliun (kurs Rp 14.600).

Pria yang akrab dengan nama Ramon Ang ini lahir di Manila, Filipina pada 14 Januari 1954. Ia merupakan anak pemilik bengkel motor di Tondo, Manila. Mengingat keluarganya yang tidak begitu berkecukupan, Ang kecil sering bekerja serabutan untuk mendanai pendidikan dan membantu keuangan keluarga.

Mengutip Business News, Rabu (18/5/2022), Ramon See Ang merupakan lulusan dari Far Eastern University (FEU) jurusan Engineering. Kemudian, ia juga menyelesaikan gelar doktornya di universitas yang sama.

Selama kuliah, Ang mengaku tidak hanya belajar di bidangnya, dia juga belajar berbisnis. Ang mengaku berusaha untuk kenal dengan banyak orang, terutama di dunia bisnis.

Semasa kuliah, Ang terus meningkatkan ketekunan, membaca, memahami, hingga memperluas sosialisasi. Menurutnya, kunci sukses adalah bisa membangun hubungan awet dengan mitra, rekan, dan teman.

Lulus kuliah, Ang tidak memilih bekerja di perusahaan ternama. Dia memilih untuk terjun ke dunia bisnis seperti Ayahnya. Ang membuka bengkel dan menjual mobil mewah. Ia juga berdagang menjual suku cadang mobil yang kala itu sulit ditemukan.

Melalui bisnis inilah Ang bertemu dengan mendiang Eduardo Dending Cojuangco saat menjual pelek aluminium. Cojuangco merupakan pemilik perusahaan San Miguel Corporation kala itu.

Nah, bermula dari hubungan penjual dan pembeli. Hubungan itu membuka jalan Ramon See Ang menuju kesuksesan. Cojuangco mempercayakan Ang untuk memegang anak usaha dari SMC yang berfokus pada semen.

Bagaimana perjalanan bisnisnya? Berlanjut ke halaman berikutnya.

Simak juga Video: Kisah kak Toto, Terangi Jalan Anak Autis Dengan Lukisan

[Gambas:Video 20detik]