Sosok Juni Setiawati Wonowidjojo, Preskom Gudang Garam Berharta Rp 70 T

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Rabu, 18 Mei 2022 11:10 WIB
gudang garam vs gudang baru
Foto: Pool/ist,
Jakarta -

Juni Setiawati Wonowidjojo adalah salah satu orang terkaya di Indonesia. Juni Setiawati Wonowidjojo menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Gudang Garam Tbk sejak Juni tahun 2009. PT Gudang Garam Tbk adalah perusahaan terkenal yang memproduksi dan mendistribusikan rokok, di Indonesia dan internasional.

Dilansir dari laman Forbes, Rabu (18/5/2022), Keluarga Wonowidjojo juga masuk daftar ke-7 keluarga paling kaya di Indonesia tahun 2021.

sumber kekayaan keluarga Juni Wonowidjojo dari Gudang Garam, yang memproduksi 90 miliar batang rokok pada 2019. Total kekayaan keluarga Wonowidjojo ditaksir sebesar US$ 4,8 miliar atau setara Rp 70 triliun (kurs Rp 14.600).

Setelah lulus SMA, Juni Wonowidjojo bekerja di Perseroan dan menjabat sebagai Komisaris sejak tahun 1983. Kakaknya, Wonowidjojo adalah Direktur Utama dan terafiliasi dengan pemegang saham Perseroan.

Saat ini, Ia juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Suryamitra Kusuma serta Komisaris PT Suryaduta Investama, PT Surya Wisata dan PT Taman Sriwedari.

Selain itu, Juni juga diketahui menjabat sebagai Presiden Direktur PT Surya Pamenang dan PT Surya Zig Zag. Demikian dikutip dari laman Wall Mine, Rabu (18/5/2022).

Profil dan Sejarah Gudang Garam

PT Gudang Garam Tbk didirikan pada tahun 1958 dan berkantor pusat di Kediri, Indonesia. Perusahaan ini sebelumnya bernama PT Perusahaan Rokok Tjap Â"Gudang GaramÂ" Kediri. Melalui anak perusahaannya, perseroan ini juga bergerak dalam kegiatan yang berhubungan dengan kertas, karton dan lainnya.

PT Gudang Garam Tbk menawarkan berbagai jenis rokok, seperti kretek tangan, buatan mesin, dan klobot. Perusahaan memasarkan produknya dengan merek Gudang Garam Family, Surya Family, dan GG Family.

Pada tahun 2019, Gudang Garam berekspansi ke bidang infrastruktur termasuk pembangunan dan pembangunan jalan tol, serta membangun Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur. Selain itu, Gudang Garam juga menyediakan transportasi udara, yang hingga jasa hiburan.

Lihat juga Video: Kisah kak Toto, Terangi Jalan Anak Autis Dengan Lukisan

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)