Kisah Inspiratif

Karier Cemerlang Lei Jun, Karyawan Dirikan Xiaomi Hingga Berharta Rp 148 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 31 Mei 2022 08:05 WIB
Lei Jun IPO
Karier Cemerlang Lei Jun, Karyawan Dirikan Xiaomi Hingga Berharta Rp 148 T/Foto: Reuters
Jakarta -

Para pengguna Xiaomi, tahukah kamu siapa pendirinya? Ialah Lei Jun yang mendirikan Xiaomi, salah satu ponsel pintar paling tenar di dunia.

Tak cuma ponsel, Xiaomi juga berkembang memproduksi laptop, rice cooker, gelang, sampai vacuum cleaner.

Dikutip dari Forbes, Selasa (31/5/2022), Lei Jun memiliki harta US$ 10,2 miliar atau Rp 148,9 triliun (kurs Rp 14.600). Lei Jun pernah mendirikan sebuah toko buku online bernama Joyo.com dan sukses hingga akhirnya dibeli Amazon pada 2004 senilai US$ 75 juta.

Pria kelahiran 16 Desember 1969 ini merupakan pribadi yang pendiam namun ia lebih suka membuktikan dengan hasil kerjanya. Lei Jun lahir di kota Xiantao, Provinsi Hubei, China dan menghabiskan masa kecil di Wuhan.

Dia lulus sarjana jurusan ilmu komputer dari Universitas Wuhan pada 1991. Sejak kuliah dia sangat mengidolakan pendiri Apple, Steve Jobs yang menjadi inspirasi untuk membangun bisnis.

Saat lulus, Lei Jun bekerja pada sebuah perusahaan software Kingsoft sebagai engineer. Lei Jun yang sangat cemerlang berhasil menjadi CEO Kingsoft pada 1998.

Saat menjadi bos Kingsoft, Lei Jun juga menjadi investor di banyak perusahaan seperti YY, Vancl.com dan UCWeb. Hingga pada 2007 dia memilih mundur dari jabatan bos Kingsoft karena alasan kesehatan.

Selanjutnya Lei Jun mendirikan Xiaomi. Berlanjut ke halaman berikutnya.

Simak juga Video: Ratnawati Sutedjo, Berdayakan Karya Disabilitas di Precious One

[Gambas:Video 20detik]