Zhang Yiming, Pendiri TikTok yang Makin Kaya Karena Tak Pernah Menyerah

ADVERTISEMENT

Kisah Inspiratif

Zhang Yiming, Pendiri TikTok yang Makin Kaya Karena Tak Pernah Menyerah

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 13 Jun 2022 07:30 WIB
Zhang Yiming
Zhang Yiming/Foto: Dok. Reuters

Pada 2009, Zhang memulai bisnis pertamanya, sebuah situs pencarian properti bernama 99fang.com. Namun, umur bisnis itu tidak lama. Zhang menghentikan bisnisnya setelah tiga tahun berjalan.

Meski demikian, hal itu tidak menurunkan semangatnya untuk membangun bisnis baru. Pada 2012, ia mendirikan ByteDance, bisnis yang menyediakan layanan agregasi berita.

"Yang paling penting adalah kami bukan bisnis berita. Kami lebih seperti bisnis pencarian atau platform media sosial. Kami melakukan pekerjaan yang sangat inovatif. Kami bukan peniru perusahaan AS, baik dalam produk maupun teknologi," ujar Zhang.

Pada September 2015, ByteDance meluncurkan aplikasi berbagi video TikTok. Produk ini menjadi tren di kalangan Gen Z dan milenial. Media sosial itu menjadi populer di seluruh dunia hingga saat ini.

ByteDance sendiri kini bernilai US$ 300 miliar. Namun angka itu turun US$ 100 miliar dalam setahun terakhir. Meski nilainya turun, ByteDance tetap menjadi salah satu perusahaan teknologi paling berharga di China.

Bytedance menyaingi Tencent Holdings dengan kapitalisasi pasar saat ini sekitar U$ 470 miliar di bursa saham Hong Kong, dan Alibaba Group Holding dengan kapitalisasi pasar US$ 300 miliar.


(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT