Profil Nicke Widyawati yang Dua Periode Jadi Dirut Pertamina

ADVERTISEMENT

Profil Nicke Widyawati yang Dua Periode Jadi Dirut Pertamina

Tim Detikcom - detikFinance
Senin, 03 Okt 2022 12:39 WIB
Dirut Pertamina Nicke Widyawati
Dirut Pertamina Nicke Widyawati/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir kembali menunjuk Nicke Widyawati menjadi Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Hal ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina.

Nicke Widyawati dinilai oleh pemegang saham mampu mengantarkan Pertamina menjalankan transformasi perusahaan sekaligus meraih kinerja terbaik sepanjang periode pertama kepemimpinannya yakni April 2018 hingga September 2022.

Nicke Widyawati menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina berdasarkan SK Menteri BUMN nomor SK-97/MBU/04/2018, tanggal 20 April 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Pertamina.

Wanita kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 ini sempat menjabat sebagai Direktur SDM Pertamina pada 2017 lalu tak lama kemudian memegang posisi Plt Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina pada 2018.

Sepak terjangnya di perusahaan pelat merah bukanlah Pertamina saja. Sebelumnya, Nicke dipercaya menjabat sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN (Persero), kemudian Direktur Utama PT Mega Eltra yang merupakan kontraktor listrik di lingkungan holding PT Pupuk Sriwijaya.

Dia juga pernah menjadi Direktur Bisnis di PT Rekayasa Industri (Rekind) dan Vice President Corporate Strategy Unit (CSU) di perusahaan yang sama. Dari laman resmi Pertamina menyebutkan, Nicke sudah menjadi eksekutif di berbagai tempat sejak tahun 2009.

Dari segi pendidikan, Nicke Widyawati merupakan lulusan Hukum Bisnis di Universitas Padjadjaran (S2) tahun 2009 dan Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung (S1) tahun 1991.



Simak Video "Pertamina Talks Episode 3: Mypertamina Solusi Untuk Penyaluran Energi Tepat Sasaran"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT