ADVERTISEMENT

Sosok Hendrar Prihadi, Kepala LKPP yang Baru Dilantik Jokowi

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 12 Okt 2022 11:14 WIB
Jokowi lantik Hendrar Prihadi jadi Kepala LKPP. (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jokowi lantik Hendrar Prihadi jadi Kepala LKPP. (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Hendrar Prihadi sudah resmi menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) baru. Ia baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal pekan ini.

Dirinya diangkat menggantikan posisi Abdullah Azwar Anas yang telah menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Hendrar Prihadi mengatakan, posisi yang saat ini ia dapatkan tidak terlepas dari kepercayaan Presiden RI Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya ucapkan terima kasih kepada beliau, Pak Presiden dan juga Ibu Megawati yang sudah memberi kepercayaan kepada saya di LKPP ini," kata Hendrar kepada media, Senin (10/10/2022).

Hendrar Prihadi sebelumnya dikenal sebagai Walikota Semarang yang menjabat sejak tahun 2013. Pria yang akrab disapa Hendi ini, memulai karier politik pada tahun 2009 ketika terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan setahun setelahnya menjadi Wakil Walikota Semarang. Lalu di tahun 2011 pria kelahiran Semarang, 51 tahun yang lalu ini diamanahi untuk menjadi pelaksanan tugas Walikota Semarang.

Selanjutnya, pada tahun 2013 ia dilantik oleh Ganjar Pranowo sebagai Wali kota Semarang, sebagai pengganti wali kota sebelumnya, Soemarmo HS. Pasca itu Hendi kemudian mengikuti 2 kali pemilihan Wali kota Semarang dan berhasil maju menjadi Wali kota Semarang, bahkan pada pemilihan Walikota Semarang tahun 2020, Hendi berhasil memenangi kontestasi pemilihan kepala daerah tersebut dengan angka 91,57%.

Hendi pun kemudian berhasil membawa Semarang sebagai kota dengan pembangunan terbaik di Indonesia tiga kali berturut-turut, yaitu pada tahun 2019, 2020, dan 2021.

Apresiasi yang datang dari pemerintah pusat itu pun lantas membuat Kota Semarang menjadi role model oleh banyak pihak, hingga kunjungan studi banding dari berbagai daerah menjadi pemandangan setiap hari yang lumrah di Balaikota Semarang.

Selain itu, Pemerintah pusat menobatkan Hendi sebagai pembina pelayanan publik terbaik di Indonesia sejak tahun 2016 hingga 2019.
Ia juga meraih penghargaan Anti Gratifikasi Award KPK RI tahun 2013 dan 2014 dan sebagai 'Best City Manager' (Manajer Kota Terbaik) oleh lembaga internasional Europe Business Assembly pada tahun 2014.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT