ADVERTISEMENT

Kisah Inspiratif

Kisah Nyata! Sopir Angkot Lulusan SMP Jadi Taipan Berharta Rp 89 T

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 24 Nov 2022 07:30 WIB
Prajogo Pangestu
Prajogo Pangestu (kanan)/Foto: dok.detikcom
Jakarta -

Salah satu orang terkaya di Indonesia, Prajogo Pangestu memiliki kisah perjuangan yang cukup panjang sebelum menjadi taipan energi dan berharta puluhan triliunan rupiah.

Prajogo juga sempat menjadi konglomerat yang disegani pada zaman Presiden ke-2 Indonesia Soeharto. Berdasarkan catatan terakhir, Prajogo masuk urutan lima orang terkaya di Indonesia.

Hartanya per Juni 2022 tercatat US$ 5,7 miliar atau Rp 89,4 triliun (kurs Rp 15.700). Angka itu naik dari tahun lalu US$ 5,4 miliar atau Rp 77,2 triliun.

Pria kelahiran Sambas, Kalimantan Barat 13 Mei 1944 ini dulunya hanya seorang sopir angkutan kota (angkot). Bahkan Prajogo Pangestu diketahui hanya lulusan SMP.

Sebelum berharta puluhan triliun, Prajogo yang merupakan putra seorang pedagang karet memiliki kisah panjang dalam merintis kariernya. Prajogo tidak memiliki latar belakang pendidikan hingga perguruan tinggi.

Karena keterbatasan keuangan keluarga, ia hanya lulusan SMP. Untuk itu, Prajogo berpikir untuk mencari pekerjaan. Sempat mengadu nasib ke Jakarta, tetapi belum berbuah hasil yang baik kembalilah dia ke kampung halaman.

Di kampung halaman Prajogo bekerja menjadi sopir angkot. Dalam catatan detikcom yang mengutip dari CNBC Indonesia, Prajogo mengawali bisnis pada 1960an, di mana nasibnya berubah saat bertemu dengan pengusaha kayu asal Malaysia, Bon Sun On tau Burhan Uray.

Nasib Prajogo Pangestu berubah. Cek halaman berikutnya.

Simak juga Video: Icha, Kisah Hidup Mandiri Perempuan Cerebral Palsy

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT