Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 19:30 WIB

Mau Cari Kerja? Karyawan Kayak Gini Lagi Banyak Dicari

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi/Foto: iStock Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta - Lembaga rekrutmen profesional global, Robert Walters mengungkapkan kriteria karyawan yang diminta perusahaan di tahun 2020. Dalam surveinya, karyawan yang memiliki kompetensi di luar keterampilan utamanya sedang banyak dicari.

Country Manager Robert Walters di Indonesia Eric Mary menyebutkan bahwa karyawan diminta memiliki lebih banyak keterampilan soft skill dalam berorganisasi. Mulai dari kemampuan mencari mitra bisnis, adaptasi dan belajar yang cepat, hingga kemampuan dalam berorganisasi sangat dicari.

"Kami melihat perusahaan mulai mencari kandidat yang memiliki kompetensi di luar keterampilan teknisnya. Keterampilan dalam mencari dan mengorganisir mitra bisnis, beradaptasi, belajar, dan kemampuan mengelola stakeholders dalam organisasi akan sangat dicari," papar Eric, di Gedung WTC III Jakarta, Kamis (21/11/2019).



Selanjutnya, menurut prediksi Robert Walters, bidang teknologi masih menjadi primadona bagi para pekerja di Indonesia. Terlebih lagi, Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang industri digitalnya sedang berkembang pesat.

"Karena itu lah masih banyak startup akan muncul, hal ini pun menambah lapangan kerja. Maka itu sektor digital masih bagus prospeknya di Indonesia," ucap Eric.

Masih dalam surveinya, Eric menjabarkan untuk masuk ke dalam sektor digital sendiri setidaknya ada 3 skill khusus yang paling banyak dicari. Pertama, karyawan diminta mampu mengolah dan mengoperasikan set program.

Lalu, karyawan harus memahami big data. Terakhir, memiliki keterampilan dalam bidang artificial intelligence (AI) menjadi nilai plus.



Simak Video "Google Pengin Lebih Banyak Pekerjakan Karyawan Perempuan "
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com