Tetap Kompak Kerja Selama WFH

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 13 Apr 2020 12:52 WIB
Dampak Corona ke Ekonomi
Foto: Fasilitas Kelonggaran Cicilan (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Pemerintah telah menganjurkan perusahaan untuk melakukan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) setelah banyak kasus terkonfirmasi virus Corona di Indonesia.

Hal ini mungkin akan sedikit lebih sulit karena harus mengontrol tim sekaligus pekerjaan karyawan pada situasi ini.

Pada situasi WFH peran manajer sangat penting untuk menjaga kerja tim dan karyawan dalam berkomunikasi dan dapat menyelesaikan perselisihan dalam tim.

Melansir dari CNN, Senin (13/4/2020), CEO dan pendiri situs karir FlexJobs, Sara Sutton memberikan kiat dalam mengelola tim selama WFH.

Susun Prioritas dan Berikan Arahan yang Jelas

"Tanyakan kepada atasanmu apa prioritas utama sekarang," kata Sutton.

Sebuah perusahaan bisnis harus memiliki prioritas dalam semua situasi. Dengan karyawan mengetahui apa yang diprioritaskan perusahaan saat ini, mereka dapat memberikan energi mereka untuk berkontribusi lebih.

Selain itu, jelaskan secara terperinci mengenai tujuan perusahaan. Hal ini dapat membantu meningkatkan produktivitas karyawan dalam menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

"Terutama di masa resesi, karyawan akan melakukan yang terbaik ketika para pemimpin menetapkan harapan yang jelas. Fasilitasi mereka kebutuhan yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Dan bantu mereka melihat bagaimana pekerjaan mereka cocok dengan tujuan organisasi yang lebih besar," kata Jim Harter, Chief Scientist for Gallup's.

Bersikap Fleksibel

Semua orang dalam hidupnya memiliki prioritas yang berbeda-beda. Saat WFH saat ini banyak karyawan yang menjadi orang tua bahkan mendadak menjadi guru. Karena tidak hanya karyawan yang bekerja dari rumah, bahkan mahasiswa, anak sekolah pun dianjurkan belajar dari rumah.

Maka, bersikaplah fleksibel kepada semua karyawan. Sesuaikan waktu bekerja pada setiap harinya untuk menghindari tingkat stres pada karyawan.

Tak lupa tetap susun strategi untuk meningkatkan profit perusahaan selama WFH.

Berikan Nada Positif saat Bicara

Bekerja dari rumah bukanlah hal mudah bagi beberapa orang. Tak jarang banyak yang kesulitan dan stres karena tidak mendukungnya situasi kerja tim di tengah kekhawatiran pandemi Corona.

Mulailah percapan dengan karyawan lainnya dengan pembicaraan ramah, pertanyaan ringan terkait kabar dan kesehatan.Apresiasi karyawan juga membantu mereka untuk lebih mengembangkan lagi potensi dalam bekerja.

Analisa Kesulitan Tim

Krisis Corona berdampak pada semua sektor, banyak karyawan yang di-PHK, kesulitan ekonomi, cuti tak berbayar, dan ribuan orang terpapa virus Corona hingga meninggal.

Saat situasi saat ini berikan arahan kepada karyawan secara berkala untuk mengakses program bantuan kesehatan dari perusahaan. Seperti akses kesehatan mental, konseling pembinaan keluarga dan sumber daya kesehatan lainnya.

Berikan perhatian bagi karyawan jika mereka sudah berusaha keras dalam berkerja di situasi saat ini. Tetapi tetap harus memiliki ketegasan untuk menghindari karyawan yang akhirnya melanggar peraturan, bersantai, atau memanupulasi.

Jaga Diri

Manajer harus secara teratur mendorong anggota tim untuk menjaga diri mereka sendiri di tengah krisis ini. Berikan saran kepada semua karyawan untuk tetap menjaga stamina dengn beristirahat, berolahraga, berikan tanggapan bahwa memang tim sedang pada situasi yang sulit.



Simak Video "Cegah Penyebaran Corona, KemenPAN-RB Minta ASN Tak Mudik Lebaran!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)