Tips Bikin Karyawan Tangguh Lawan Corona

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 14 Apr 2020 13:36 WIB
Dampak Corona ke Ekonomi
Foto: Fasilitas Kelonggaran Cicilan (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Pandemi Corona telah berdampak perekonomian di seluruh dunia. Pekerja banyak yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), gangguan kesehatan, dan penurunan pendapatan.

Saat jutaan pekerja sudah berada di jurang pengangguran, tetapi masih banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawannya. Untuk mempertahankan karyawannya, perusahaan harus menumbuhkan kepercayaan karyawan di tengah krisis Corona saat ini.

Melansir CNN Bissunes, Selasa (14/4/2020), para pemimpin perusahaan harus mempersiapkan prioritas yang dibutuhkan karyawan selama krisis Corona.

Simak 4 prioritas bagi karyawan yang harus diketahui dan disiapkan perusahaan.


Kesehatan Fisik

Keselamatan dan kebersihan telah menjadi perhatian utama di tempat kerja. Perusahaan harus menyediakan pembersih tangan, memberikan antiseptik kepada semua karyawan, dan perusahaan harus melarang karyawan yang sakit untuk ke kantor.

Dalam menunjang keselamatan karyawan, perusahaan setidaknya memberikan kesempatan karyawan untuk memberikan saran perihal kenyamanan tempat kerja dan keamanan bagi karyawan.

Kesehatan Keuangan

Mengatasi keselamatan finansial juga menjadi prioritas utama. Pekerja yang masih harus bekerja di tengah pandemi Corona harus memiliki gaji yang layak. Terutama gaji para pekerja di sektor kesehatan harus diberikan gaji yang layak.

Perusahaan juga baiknya memberikan tunjangan kesehatan bagi pekerja yang harus absen karena sakit.

Kesehatan Emosional

Para pemimpin perusahaan harus dapat berkomunikasi baik dengan karyawannya. Selain berkomunikasi mengenai pekerjaan, para pemimpin juga dapat membuka pembicaraan mengenai kondisi yang dialami lingkungan sekitar.

Selain itu, para pemimpin hendaknya membangun komunikasi dengan menanyakan tentang keluarga karyawan. Dengan menunjukan rasa empati dan simpati terhadap kondisi pandemi Corona. Karyawan akan merasa dihargai dan membuat karyawan terinspirasi.

Berikan Jaminan Bermanfaat

Perusahaan harus dapat memberikan layanan penting bagi karyawannya. Bagi rumah sakit dan petugas kesehatan semestinya diberikan fasilitas masker, pakaian kesehatan, dan fasilitas perlindungan kesehatan lainnya.

Menjami fasilitas kantor dengan memberikan fasilitas yang layak jika karyawan harus tetap berkerja dari rumah.

Bagi perusahaan yang terpaksa harus mem-PHK karyawannya harus dapat menjamin tunjangan pengangguran untuk karyawannya.



Simak Video "PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang hingga 13 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)