Mau Pindah Kerja saat Masa Pandemi Corona? Baca Dulu Tipsnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 05 Mei 2020 10:25 WIB
surat lamaran kerja
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Dampak pandemi COVID-19 di berbagai negara membuat rencana-rencana yang sudah diatur berubah dan berantakan. Misalnya seperti rencana untuk pindah kerja.

Mengutip CNBC, Selasa (5/5/2020), seharusnya kondisi pandemi ini tidak boleh menghalangi rencana tersebut. Salah satu profesor di London Business School Herminia Ibarra mengungkapkan memang ada sejumlah kelompok yang merasa tidak aman dengan pekerjaan lamanya saat pandemi, namun hal tersebut bisa menjadi potensi mencari peluang kerja baru.

Ibarra mengungkapkan ada beberapa tips untuk para pekerja saat krisis keuangan seperti 2008 atau dalam masa-masa sulit seperti ini:

Kembangkan potensi

Ibarra menyampaikan para pekerja bisa memaksimalkan potensi diri selama pandemi ini. Misalnya dengan mempelajari hal-hal baru meskipun masa depan tidak bisa diprediksi.

Masa pandemi ini bisa menjadi waktu untuk evaluasi dan membuka diri dengan peluang baru agar Anda tetap tangguh dan terbuka dengan perubahan.

"Di masa depan yang lebih baik, pindah kerja adalah salah satu proses yang tidak sempurna dalam perjalanannya selalu saja ada kendala," ujar dia.

Evaluasi Diri

Perubahan karir pasti selalu terkait dengan masa lalu dan masa depan yang belum bisa diprediksi. Menurut Ibarra memang kondisi ini meresahkan, tetapi juga bisa jadi kesempatan penting untuk mengatur emosi dan menerima perubahan.

"Downtime yang terjadi saat ini sangat penting untuk motivasi diri, tetapi juga membuat diri lebih berkembang dengan meluangkan waktu bagi diri sendiri," jelas dia.



Coba Pekerjaan Baru

Mengembangkan kemampuan, menambah kemampuan dan membuka kontak dengan orang baru adalah salah satu cara penting untuk membangun pekerjaan.

Menurut Ibarra proyek-proyek lain bisa dilirik dan tidak hanya fokus pada proyek tertentu. Nah dari sinilah, Anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari kedua pekerjaan tersebut. Hal kecil seperti inilah yang membuat anda bisa menemukan kemampuan baru Anda.

"Intinya adalah melakukan pekerjaan baru yang berbeda. Ini dilakukan juga dengan orang yang berbeda, karena hal itu adalah kesempatan untuk mengenali diri Anda, ketidaksukaan Anda terhadap suatu pekerjaan," imbuh dia.

Membangun Jaringan

Pandemi saat ini membuat orang-orang berjarak. Hal ini bisa jadi kesempatan bagi Anda untuk membangun jaringan baru atau memperluas koneksi. Pembatasan sosial ini membuat Anda untuk terhubung kembali dengan teman-teman atau relasi lama. Ibarra menyebutkan, komunikasi yang dilakukan lebih sering bisa menciptakan penawaran dan perspektif baru untuk sejumlah orang.

Realisasikan!

Jika saat pandemi ini Anda memiliki ide-ide yang belum ada sebelumnya. Realisasikanlah!, jangan sampai ide tersebut bersarang dalam lamunan.

Caranya bisa dengan menyampaikan ide tersebut ke orang lain yang Anda percaya. Misalnya apa-apa saja yang ingin anda lakukan dan mengapa Anda ingin melakukan perubahan tersebut.



Simak Video "Perkembangan Zona Terdampak Covid-19 Per Kab/Kota Setiap Minggu"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)