Cari Kerja di Tengah Corona? Jangan Takut Ini Ada Tipsnya

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 13 Mei 2020 16:49 WIB
Lowongan Kerja
Bursa kerja. Foto: Dok. detikFinance
Jakarta -

Pandemi Corona telah membuat jutaan orang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Bahkan di Amerika Serikat (AS) ada lebih dari 30 juta pengangguran, terhitung sejak Maret lalu.

Setelah kehilangan pekerjaan akibat pandemi Corona. Anda akan bertanya-tanya bagaimana prospek kerja Anda di masa depan, bagaimana penghasilan saat ini, dan bagaimana memetakan karier di masa depan.

Melansir dari CNBC, Rabu (13/5/2020), berikut ini tips untuk menemukan pekerjaan, memetakan karier masa depan, dan bagaimana bekerja tengah bawah krisis pandemi Corona

Lengkapi Penilaian Keterampilan Pribadi
Oates merekomendasikan untuk menggunakan situs penilaian keterampilan My Next Move, yang diluncurkan pada 2009. Situs ini berguna dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan spesifikasi kemampuan dan pekerjaan yang dibutuhkan. Seperti halnya tes bakat karier.

Hasil penilaian keterampilan ini, dipasangkan menjadi informasi mengenai Anda di tengah pasar tenaga kerja. Dengan begitu akan muncul rekomendasi pencarian pekerjaan yang sesuai dengan karier Anda.

Gabung Organisasi yang Meningkatkan Skill
Career One Stop dari Departemen Tenaga Kerja adalah tempat yang baik untuk dikunjungi untuk menyiapkan diri dalam mendapatkan pekerjaan. Seperti mendapatkan tunjangan pengangguran, mengajarkan pembuatan CV, mempersiapkan wawancara, dan pelatihan prakerja.

Menurut Presiden dan CEO National Able Network di Chicago Bridget Altenburg, ketika mencari pelatihan kerja, pertimbangkan organisasi yang memiliki saluran bakat yang jelas yang dapat menghubungkan Anda secara langsung dengan perusahaan yang menampung potensi Anda.


Coba Pekerjaan Part time dan Freelance
Coba temukan pekerjaan paruh waktu (part time) di lingkungan sekitar. Seperti pegawai supermarket atau supir pengiriman.

Selain itu, kembangkan potensi yang Anda miliki dengan bekerja freelance, seperti membuka kursus ke rumah-rumah bagi anak-anak yang belajar di rumah, buka jasa membuat desain portofolio, atau apapun proyek freelance lainnya.

Pastikan Melamar di Situs Resmi Perusahaan
Ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, pastikan postingan atau pengumuman pekerjaan tersebut situs resmi dan atas nama perusahaan sendiri. Hal tersebut membantu Anda meyakinkan diri siapa yang akan bertanggungjawab dalam perekrutan.

Cari Tahu Latar Belakang Perusahaan
Sebelum memastikan melamar pekerjaan di perusahaan coba untuk mencari tahu mengenai latar belakang perusahaan tersebut. Data tersebut bisa didapat dari situs perusahaan dan mencari ulasan dari karyawan yang bekerja di sana.

Situs pekerjaan seperti Monster, CareerBuilder, ZipRecruiter, Glassdoor dan LinkedIn juga bisa menjadi langkah pertama yang baik untuk mendapatkan informasi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Selain itu, dapat melihat rekan Anda yang bekerja di perusahaan tersebut.



Simak Video "Gojek Beri Paket Pesangon ke 430 Karyawan yang Kena PHK"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)