Fitur Baru Aplikasi Prakerja: Ada Loker UKM Sampai BUMN Juga Lho

- detikFinance
Selasa, 14 Sep 2021 14:32 WIB
Prakerja Gelombang 19
Foto: Prakerja Gelombang 19 (M Fakhry Arrizal/detikcom)
Jakarta -

Manajemen Kartu Prakerja menambahkan fitur baru dalam sistemnya, yakni informasi lowongan kerja. Dalam informasi itu, tersedia berbagai lowongan pekerjaan mulai untuk usaha kecil dan menengah (UKM) hingga lowongan BUMN juga.

"Semua perusahaan yang mengiklankan lowongan kerja ada di situ, UKM, UKB hingga BUMN di segala sektor dan lokasi," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari, kepada detikcom, Selasa (14/9/2021).

Dia mengatakan dengan banyaknya ragam lowongan kerja yang tersedia, para pencari kerja khususnya peserta Kartu Prakerja bisa mendapatkan kesempatan lebih besar.

"Bila mereka mendaftar kerja, sertifikat hasil pelatihan Prakerja dapat dilampirkan untuk memperkuat peluang kerja mereka," tuturnya.

Sebagai informasi, fitur informasi lowongan kerja itu berada di dashboard saat membuka sistem Pihaknya telah bekerja sama dengan dua job portal untuk memberikan fitur job recommendation di dashboard masing-masing peserta. Dua jobb potal itu di antaranya Karir.com dan Jobd.id.

"Ke depan akan bertambah lagi jumlah job portalnya," tuturnya.

Untuk saat ini fitur lowongan kerja di sistem Kartu Prakerja memiliki 10 besar lowongan pekerja yang paling banyak dicari. Daftar lowongan itu akan terus diperbaharui dari bulan ke bulan dan dijabarkan hingga ke provinsi.

Sepuluh besar pekerjaan paling dicari yang tercantum pada 'Tren Rekrutmen' www.prakerja.go.id diduduki antara lain bidang penjualan ritel, pemasaran/pemgembangan bisnis, IT-perangkat lunak, akuntansi umum/pembiayaan, penjualan-korporasi, personalia, perbankan dan staf administrasi umum.

Sebagai informasi, gelombang Kartu Prakerja sudah memasuki gelombang 20 yang sudah ditutup pada Minggu (12/9) pukul 23.59 WIB. Kalau lolos, peserta akan dapat uang saku dan sejumlah program pelatihan yang bisa diikuti.

Ada beberapa cara mengecek lolos Kartu Prakerja atau tidak saat diumumkan nanti. Pertama bisa mengecek secara berkala melalui dashboard Kartu Prakerja.

Kedua, peserta juga akan mendapat notifikasi kelolosan melalui SMS. Untuk itu, peserta harus memastikan nomor yang digunakan aktif. Seandainya tidak lolos, peserta juga bisa mengetahui alasannya di dashboard Prakerja. Bagi peserta yang tidak lolos Kartu Prakerja, masih bisa melakukan pendaftaran di gelombang berikutnya.

Lihat juga Video: Program Prakerja Diperpanjang hingga Semester II 2021

[Gambas:Video 20detik]



(Aulia Damayanti/dna)