5 Jurus Jitu Taklukkan Interview Kerja buat Fresh Graduate!

Jihaan Khoirunnissa - detikFinance
Senin, 04 Okt 2021 11:37 WIB
Interview Kerja
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Wawancara kerja adalah tahapan pasti sebelum memulai karier di suatu perusahaan. Fase ini akan menjadi penentu apakah Anda bisa diterima kerja atau tidak.

Tidak heran banyak kandidat yang merasa gugup karena takut tidak siap menjawab pertanyaan selama interview kerja. Utamanya bagi fresh graduate atau lulusan baru yang notabene belum memiliki pengalaman kerja layaknya pelamar lainnya. Berikut ini tips jitu untuk menaklukkan interview kerja seperti dikutip dari The Balance Career. Yuk simak!

1. Analisa Posisi yang Dilamar
Poin utama dalam persiapan interview yaitu menganalisa posisi yang Anda lamar. Pastikan Anda memahami job description dari posisi tersebut. Kemudian buat list terkait apa saja skill dan kemampuan yang dibutuhkan.

Pertimbangkan juga apa saja kriteria yang perusahaan cari dari pelamar di posisi tersebut. Hal ini penting mengingat HRD seringkali menanyakan soal apa yang diketahui dan bayangan Anda bekerja di posisi yang dilamar. Tentunya untuk menguji bahwa Anda benar-benar melamar karena memiliki kemampuan yang dibutuhkan. Bukan sekadar acak atau iseng saja.

2. Cari Tahu tentang Perusahaan
Selain posisi, penting juga bagi Anda melakukan riset tentang perusahaan sebelum mengikuti interview kerja. Cobalah untuk menganalisa perusahaan tersebut secara mendalam dan menyeluruh.

Dengan begitu, hal ini akan membantu Anda dalam menyiapkan jawaban yang sesuai untuk setiap pertanyaan dari HRD. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui lebih lanjut apakah budaya perusahaan tersebut sesuai dengan diri Anda.

3. Latihan Interview Kerja
Sebelum interview kerja, Anda bisa mencari tahu apa saja pertanyaan yang umum dilontarkan. Kemudian susun jawaban untuk masing-masing pertanyaan. Tahap selanjutnya yaitu berlatih untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan saat wawancara dengan teman atau keluarga.

Anda juga bisa gunakan cermin untuk melihat dan mengatur ekspresi wajah serta postur yang baik ketika nanti berbicara dengan interviewer. Berlatih mungkin tidak selalu membuat wawancara berjalan sempurna. Tapi paling tidak hal tersebut akan membantu Anda menciptakan kesan yang baik.

4. Siapkan Outfit untuk Interview
Namanya mau interview kerja, tentu harus mengenakan pakaian yang rapi, sopan, dan profesional. Hal ini mengingat penampilan jadi salah satu hal pertama yang dinilai oleh interviewer.

Anda bisa pilih outfit yang sesuai dengan budaya kantor. Jika kebanyakan karyawannya adalah anak muda, sebaiknya kenakan pakaian yang tidak terlalu kaku. Agar tidak terlalu terburu-buru, sebaiknya siapkan outfit yang akan dikenakan dari malam sebelumnya.

5. Siapkan Dokumen Pendukung
Sebelum mengikuti wawancara, pastikan Anda membawa semua dokumen yang diperlukan. Misalnya saja CV atau resume yang sudah dicetak dan portofolio apabila dibutuhkan. Selain itu, cek lagi apakah HP sudah dalam mode silent supaya tidak mengganggu jalannya proses interview dengan HRD.

Itulah tadi tips jitu dalam mempersiapkan interview kerja untuk membantu Anda mendapatkan kesan positif dari pewawancara. Dengan menerapkannya, Anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan impian yang sudah ditunggu-tunggu.

Bagi fresh graduate yang belum mendapatkan panggilan interview, jangan patah semangat. Yuk, kirim lamaran ke beberapa perusahaan lainnya. Apalagi sekarang sudah ada platform pencari kerja online, seperti Jobstreet. Tentunya, jobseeker jadi lebih mudah dalam mencari dan melamar pekerjaan.

Tidak hanya menyediakan lowongan kerja terpercaya, Jobstreet juga kerap membagikan tips-tips yang bermanfaat bagi para lulusan baru.

(ega/ang)