Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Terima Tawaran Kerja

Nurcholis Maarif - detikFinance
Minggu, 10 Okt 2021 11:58 WIB
jobstreet
Foto: jobstreet
Jakarta -

Mengetahui diterima kerja memang kabar yang menyenangkan. Namun, jangan langsung gegabah sehingga buru-buru menerima tawaran kerja tersebut karena ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Sebab dalam proses penerimaan kerja, ada beberapa kontrak yang harus disepakati antara calon pekerja hingga perusahaan. Kontrak inilah yang harus dipertimbangkan serius sebelum kamu maju lebih jauh.

Selain itu, dilansir dari thebalancecareers, setidaknya ada 5 pertimbangan yang harus diketahui sebelum memiliki pekerjaan.

1. Gaji Tinggi dan Stabil

Uang dari gaji yang didapat memang bukan segalanya. Namun gaji yang tinggi, apalagi dari tempat kerja sebelumnya, akan selalu menjadi pertimbangan sebelum menekan kontrak dengan perusahaan.

Sebab tujuan awal bekerja tak lain untuk mendapat gaji yang bisa memenuhi kebutuhan hidupmu. Tak hanya gaji yang lebih tinggi, kamu juga harus mempertimbangkan peningkatan gaji yang stabil dari masa kerja di perusahaan tempatmu mau bekerja.

2. Ruang untuk Berkembang

Tentu kamu tidak ingin menjadi orang yang terjebak hanya dengan satu keahlian. Kamu bisa melihat apa yang kamu bisa saat ini dan perkiraan apa yang akan kamu pelajari di perusahaan tempatmu akan bekerja.

3. Budaya Kerja yang Nyaman

Kamu bisa mengecek terlebih dahulu ruang kantor dan orang-orang yang mengisinya. Kamu juga bisa bertanya kepada orang yang lebih dulu bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Ini sebagai langkah awal untuk mengetahui apakan budaya dan kondisi perusahaanmu nyaman atau tidak.

4. Finansial Perusahaan yang Stabil

Jika perusahaan tempatmu akan bekerja merupakan perusahaan terbuka, kamu bisa mengecek terlebih dahulu di internet tentang stabilitas keuangan. Tentu kamu tidak mau saat di tengah kamu bekerja, perusahaan bangkrut dan kamu tidak mendapat pesangon.

5. Jenjang Karier yang Baik

Sebelum melamar hingga menekan kontrak kerja, jenjang karier juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Tentu karier atau posisi yang bagus di perusahaan nantinya akan linear dengan gaji yang didapat.

Jika tidak cocok setelah mempertimbangak factor di atas, kamu bisa mencari pekerjaan lain yang lebih sesuai. Apalagi kini banyak platform untuk mencari lowongan pekerjaan yang berisi kriteria hingga benefit yang didapat saat diterima, misalnya Jobstreet. Sebab Jobstreet menjadi pilihan perusahaan besar hingga UMKM yang sedang mencari dan membutuhkan pekerja.

Kini, informasi dasar seputar perusahaan bisa kamu dapatkan melalui platform Jobstreet. Informasi yang tersedia di Jobstreet, mulai dari informasi dasar perusahaan, deskripsi pekerjaan, hingga benefit yang akan kamu dapat bisa jadi panduan untuk memutuskan apakah akan menerima tawaran kerja atau tidak.



Simak Video "Ngaku Pejabat PT Hino Purwakarta, Dua Orang Ini Tipu Puluhan Calon Tenaga Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/zul)