Mau Resign? Nih Cara Bikin Surat Pengunduran Diri yang Baik

Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 25 Okt 2021 14:37 WIB
Resignation letter resign with pen and keyboard
Foto: Getty Images/iStockphoto/Casper1774Studio
Jakarta -

Saat bekerja, ada kalanya kita akan berpikir untuk segera mundur dari jabatan saat ini untuk mulai mencari pekerjaan atau kegiatan baru. Untuk itu kamu dapat mencari contoh surat pengunduran diri yang baik sebagai referensimu.

Sebab akan jauh lebih baik bila kamu dapat membuat surat pengunduran diri yang tepat sehingga kamu dapat memberikan kesan terakhir yang baik pada perusahaan.

Perlu diingat bahwa dalam membuat surat pengunduran diri, kamu terlebih dahulu harus mengetahui alasan keluar dari pekerjaan saat ini. Nantinya alasan itu lah yang kamu sampaikan secara formal baik itu tertulis atau langsung pada atasan atau HRD.

Surat pengunduran diri sangat penting bagi sebuah perusahaan apabila karyawannya ingin berhenti karena itu dapat menjadi dokumen resmi yang akan menentukan sisa waktu kamu bekerja di perusahaan.

Penyerahan surat pengunduran diri juga harus dilakukan pada waktu yang tepat dan memiliki jangka waktu minimal dua minggu sebelum kamu berhenti. Sebab perusahaan harus mempersiapkan berbagai macam surat-surat yang akan diberikan ke kamu.

Bagaimana contoh surat pengunduran diri resmi yang baik dan benar?

Saat menulis surat pengunduran diri, pada bagian awal kamu tidak perlu menjelaskan panjang lebar tentang pengunduran diri kamu. Cukup tulis posisi atau jabatan pengunduran diri kamu dan tanggal efektifnya. Pada bagian ini tidak perlu menjelaskan alasan mengundurkan diri, cukup lakukan itu kepada atasan kamu. Tidak masalah jika membuatnya secara sederhana.

Contoh:

Yang Terhormat (Nama Bos Kamu atau nama Manajer HRD),

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya mengundurkan diri dari posisi saya sebagai (posisi jabatan) di (Nama Perusahaan]. Hari terakhir saya adalah (tanggal hari terakhir).

Selanjutnya, kamu bisa tuliskan ucapan terima kasih kepada atasan atas kesempatan bekerja sama selama ini. Pada bagian ini cobalah menjelaskan beberapa hal utama yang kamu sukai dan pelajari selama bekerja. Kamu juga mungkin bisa menuliskan catatan atau kesan positif kepada rekan kerja yang masih bertahan.

Contoh:

Terima kasih banyak atas kesempatan untuk bekerja di posisi ini selama (lama waktu kamu bekerja). Saya sangat menikmati dan menghargai peluang yang saya miliki untuk (beberapa tanggung jawab pekerjaan favorit kamu), dan saya telah mempelajari (beberapa hal spesifik yang telah kamu pelajari saat bekerja), yang semuanya bermanfaat untuk karier saya.

Terakhir, nyatakan kesediaan kamu untuk membantu masa transisi yang terjadi di perusahaan sehubungan dengan resign yang kamu lakukan. Untuk hal ini kamu tidak perlu menjelaskan secara mendetail dan pastinya jangan menjanjikan apa pun yang tidak dapat kamu berikan. Tulis beberapa kalimat yang menyatakan bahwa kamu akan memastikan penyelesaian tugas. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu bertanggung jawab hingga masa kerja kamu berakhir.

Contoh:

Selama dua minggu terakhir ini, saya akan melakukan segala kemungkinan untuk menyelesaikan tugas saya dan melatih anggota tim lainnya. Beri tahu saya jika ada hal lain yang dapat saya lakukan untuk membantu selama transisi.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan saya mohon maaf. Saya berharap perusahaan terus sukses. Dan semoga kita bisa tetap menjaga komunikasi di masa depan.

Hormat kami,

(Nama kamu).

Agar lebih mudah dipahami, berikut contoh surat pengunduran diri lengkap: Baca di halaman berikutnya