Simak! Ini Keahlian yang Perlu Dimiliki Biar Karier hingga Bisnis Moncer

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Kamis, 23 Des 2021 06:19 WIB
Ilustrasi wanita menggunakan laptop dan ponsel
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Geber86

Pilih Platform

Langkah berikutnya adalah memilih platform digital apa saja yang ingin dikuasai misal Facebook Ads dan Google Ads. Opsi lain untuk belajar lebih cepat dan menyeluruh dengan mengikuti bootcamp.

"Selanjutnya kita bisa membangun portofolio yang isinya bekerja di mana, freelance apa, pernah membantu bisnis apa, dan lain-lain," sambung Tika.

Baik Irfan maupun Tika sepakat digital marketing menawarkan peluang karier yang begitu besar untuk anak muda di Indonesia. Terlebih penerapan ilmu tersebut bisa untuk tempat kerja maupun untuk berbisnis.

Seperti yang diketahui, pekerjaan di bidang digital marketing adalah yang paling tinggi kebutuhannya saat ini. Saat ini pun sudah begitu banyak sarana yang gratis maupun berbayar yang bisa diakses siapa pun untuk menambah wawasan mengenai digital marketing.

"Kalau aku lebih ke nge-follow suhu-suhu digital marketing yang hobi nge-share pengalamannya," ucap Tika.

Sementara itu Irfan menilai, upaya belajar bisa dimulai dari sekeliling kita dahulu, mengingat keseharian kita sudah dikelilingi platform digital yang bisa dijadikan wahana observasi. "Belajar bisa dari siapa aja. Dari orang-orang yang jualan atau dari platform formal yang sudah banyak banget," pungkas Irfan.


(ara/ara)