Follow detikFinance
Jumat, 25 Mei 2018 13:10 WIB

Wawancara Khusus Menteri Perhubungan

Mudik Guyub Rukun Ala Budi Karya Sumadi

Hendra Kusuma - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Mudik Lebaran menjadi salah satu rutinitas masyarakat di Indonesia. Momen tersebut banyak dimanfaatkan bagi mereka yang rela mencari kehidupan dengan cara mengadu nasib di luar tanah kelahirannya.

Mudik Lebaran juga menjadi ajang bagi pemerintah untuk membuktikan bahwa kegiatan silaturahmi ini bisa dilakukan dengan aman, nyaman, dan bahagia. Untuk menciptakan hal tersebut, pemerintah terus bekerja keras membangun berbagai infrastruktur yang intinya memudahkan masyarakat untuk bersilaturahmi.

Salah satu yang bertanggung jawab pada mudik Lebaran adalah Kementerian Perhubungan. Instansi ini memiliki tugas mengatur lalu lintas baik orang maupun barang di sektor darat, laut, udara, maupun kereta api berjalan dengan baik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan musim mudik Lebaran 2018 harus dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan seperti macet dan mampu meminimalisir kemacetan. Sehingga, masyarakat bisa melaksanakan mudik dengan bahagia.

Banyak pembenahan yang dilakukan Kementerian Perhubungan agar kelancaran arus mudik benar-benar terjadi. Sebab, pemerintah memiliki kenangan buruk terkait dengan arus mudik yang sekalian dijadikan ajang liburan.

Contoh masalah yang masih menjadi bayang-bayang kekhawatiran pemerintah adalah kemacetan yang terjadi di pintu keluar tol Brebes atau yang dikenal Brexit.

Budi Karya mengaku, kesiapan pemerintah dalam menghadapi mudik Lebaran tahun ini diklaim lebih baik dari tahun sebelumnya. Bahkan, dirinya rela melakukan pemantauan langsung ke titik rawan kemacetan dan rela meninggalkan keluarga demi kelancaran mudik.

Mantan Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) ini juga sudah berkoordinasi dengan para pengusaha angkutan logistik. Koordinasi tersebut memutuskan untuk memberhentikan sementara operasi transportasi berat dalam hal ini truk sebelum dan sesudah Lebaran.

Bagaimana cerita selengkapnya, detikFinance mendapat kesempatan melakukan wawancara khusus Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenai kesiapan pemerintah menghadapi mudik Lebaran 2018, berikut petikan hasil wawancaranya:

Klik selanjutnya untuk membaca (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed