Wawancara Khusus

Mengenal William Sunito: Pengusaha Bahan Kue RI yang Masuk 30 Under 30 Asia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 06 Mei 2021 07:30 WIB
William Sunito/Dok Tokowahab
Foto: William Sunito/Dok Tokowahab
Jakarta -

Seorang pengusaha muda, William Sunito masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia terbaru. Siapa William dan kenapa dia bisa masuk daftar Forbes?

Melalui perusahaan toko bahan kue onlinenya, William berhasil membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan pasokan dan harga yang murah.

Masa pandemi COVID-19 justru membuat usahanya mengalami peningkatan. Hal ini sejalan dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang mulai membuat kue untuk dikonsumsi maupun dijual.

detikcom berkesempatan mewawancarai William dan membahas terkait Tokowahab.com sampai prospek usaha mikro kecil menengah (UMKM) di bidang kuliner saat ini. Berikut hasil wawancaranya:

Bisa diceritakan sejarah awal berdirinya Tokowahab.com ini?

Toko Wahab sendiri merupakan turun temurun dari keluarga saya yang menjual bahan-bahan pembuatan kue. Pada 2015 saya kembali dari Amerika Serikat (AS), waktu itu saya melihat banyak sekali toko-toko bahan kue yang hanya fokus ke eceran dan distributor yang fokus ke pemain besar atau pabrik. Tapi tidak ada yang fokus di UMKM kecil tapi mau beli grosir. Jadi mereka membeli di toko eceran dengan harga 15-20% lebih mahal.

Karena itu saya terpikirkan untuk membangun Tokowahab.com. Saya ingin beda dari yang lain karena fokusnya memang di bahan-bahan bakery dan pastry untuk memenuhi kebutuhan UMKM. Selain itu saya juga dulu melihat penjualan bahan kue benar-benar tidak transparan.

Dulu, orang kalau mau beli, semuanya datang ke toko atau lewat telepon. Kalau di toko ini tidak ada dia cari ke toko lain, kalau tidak tahu ada toko lain ya mereka pulang tanpa bawa apa-apa. Dengan Tokowahab.com ini, semua harga transparan karena dicantumkan di webiste. Sekarang kita jadi patokan harga, karena sebelumnya tidak ada yang begini.

Orang tua saya sempat komplain jangan mencantumkan harga, karena takut ketahuan kompetitor. Tapi saya sampaikan ke mereka jika ini masa depan dan harus dilakukan 'ya masa depan harus kayak gini'. Jadi satu untuk mendapatkan produk yang paling affordable dan harga yang paling terjangkau.

Kasihan kan UMKM kita, kalau bisnis besar atau pabrikan mereka sepertinya tidak perlu dikasihani karena punya power untuk negosiasi. Kasihan itu konsumen kecil UMKM yang harus biasa beli di pasar atau toko kelontong yang harganya 15% lebih mahal.

Apa lagi yang ditawarkan Tokowahab.com?

Kemudahan, karena konsumen tinggal membuka website. Mereka tinggal pilih, kalau mau tanya bisa live chat yang ada dari Senin sampai Sabtu 8 jam sehari. Pasti kita balas kalau ada pertanyaan, kalau tidak dalam waktu 1 x 24 jam pasti kami jawab.

Tokowahab.com ini juga selalu memiliki sertifikat halal di produk yang dijual. Kemudian produk harus lulus uji BPOM. Karena saya tidak ingin membahayakan konsumen. Kalau ada pembeli yang tanya, mana sertifikat halalnya? Pasti akan kita kirimkan.

lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Isyana, NIKI hingga TWICE Masuk 30 Under 30 Asia Forbes"
[Gambas:Video 20detik]