Wawancara Khusus

Cerita Startup Asal Medan yang Masuk Forbes Under 30

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 06:30 WIB
Topremit
Foto: Dok. Topremit

Saat ini sudah berapa banyak negara pengiriman uangnya bisa dilayani Topremit?

Sudah ada 66 negara. Sebenarnya semua benua sudah kita cover sih. Di Eropa, USA dan Australia juga sudah. Target ke depan kita akan membuka layanan di Arab Saudi, Timur Tengah sampai New Zealand. Dalam bekerja sama menyediakan layanan ini masalah perizinan bukan isu besar untuk kita. Jika kita ingin membuka coverage baru kita akan mencari bank atau partner untuk urus lisensi.

Sudah berapa banyak pengguna Topremit?

Tahun 2020 saja sudah ada sekitar 66 ribu pengguna yang rutin mengirimkan uang ke berbagai negara. Pada 2019 pengguna masih 14.700 lalu naik 250%. Nah awal 2021 pada kuartal I ini pengguna naik menjadi 89.800 pengguna.

Biasanya siapa saja yang melakukan pengiriman menggunakan Topremit ini?

Biasanya orang tua yang anaknya sekolah di luar negeri, pelaku bisnis ekspor impor sampai ekspatriat yang bekerja di Indonesia. Kami harapkan Topremit bisa terus memberi kemudahan dan kenyamanan pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri.

Berapa nilai transaksi Topremit tahun ini?

Pada 2020 Topremit sudah dipercaya mengirimkan lebih dari Rp 1,1 triliun yang dikirim dari Indonesia ke luar negeri. Untuk kuartal I tahun ini sekitar Rp 1,8 triliun. Paling banyak pengiriman adalah ke Malaysia, Singapura dan Filipina. Kita selalu mengupayakan pengiriman yang mudah dan efisien. Karena kita ingin pengiriman uang antar negara itu semudah chatting dan kita fokus untuk memudahkan pengguna.

Bagaimana perasaan anda ketika masuk dalam daftar Forbes Under 30?

Kita agak kaget juga, karena sejak pertama diapproach di Instagram sempat ragu. Ini benar nggak ya, saya baca DM dan masih ragu. Sampai akhirnya ada email dari Forbes dan baru percaya. Saya senang sekali, karena ini adalah salah satu title bergengsi di dunia bisnis. Mereka menilai karena kita memberikan impact society yang cukup besar dari layanan pengiriman uang antar negara dari Indonesia.

Jujur kami senang dan terhormat bisa jadi perwakilan Indonesia yang masuk ke Forbes. Ini akan kami jadikan motivasi dan semangat untuk mengembangkan layanan profesional dan aman untuk menangani pengiriman uang internasional.

Apa pesan anda untuk generasi milenial untuk mengembangkan diri dan memulai usaha?

Ini yang juga kita terapkan di Topremit kebanyakan milenial juga. Kita selalu berusaha untuk terus belajar hal baru apapun itu. Karena pelajaran-pelajaran itu juga bisa diterapkan di bisnis atau di pekerjaan ke depannya.

Selain itu, jika memang ingin menjalankan bisnis bisa mencari mentor. Tidak perlu mentor yang sudah pro banget. Bisa juga dari orang tua atau teman yang sudah sukses menjalankan bisnis dan kita bisa menjalankan short cut yang mereka lakukan. Kita start dari apa yang dialami dan dipelajari mentor. Kemudian jangan pernah ada niatan untuk berhenti berpikir. Karena itu artinya kita berhenti untuk tumbuh.


(kil/fdl)