detikfinance

Aburizal Bakrie Digusur Bos SCTV Jadi Orang Terkaya RI

Wahyu Daniel - detikfinance
Kamis, 29/11/2012 11:20 WIB
//images.detik.com/content/2012/11/29/4/111709_icalluar.jpg
Jakarta -Posisi Aburizal Bakrie sebagai orang terkaya di Indonesia tergeser dari daftar Majalah Forbes. Namun muncul nama baru yaitu Eddy Kusnadi Sariaatmadja pemilik Elang Mahkota Teknologi selaku induk usaha PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) pemilik stasiun SCTV.

Dikutip dari Forbes, Kamis (29/11/2012), tahun lalu, kekayaan Aburizal Bakrie tercatat US$ 890 juta, turun hingga US$ 1,2 miliar sekitar Rp 10,8 triliun atau setara 57% dibandingkan kekayaan Ical di 2010.

Tahun ini, kekayaanya terus merosot hingga tak lagi berhak menyandang gelar orang terkaya Indonesia.

Sementara Eddy Kusnadi Sariaatmadja muncul dalam daftar 40 orang terkaya Forbes peringkat ke-40 dengan nilai kekayaan US$ 730 juta di tahun ini.

Selain memiliki SCTV, Eddy juga telah memiliki media Indosiar yang telah dibeli oleh induk SCTV yaitu Surya Citra Media.

Beberapa hari lalu, sempat muncul kabar Grup Bakrie akan menjual salah satu stasiun televisi miliknya yaitu ANTV kepada SCTV. Namun kabar ini segera dibantah oleh anak Aburizal yakni Anindya Bakrie melalui akun Twitter-nya yang menyatakan tidak ada rencana penjualan ANTV.

Berdasarkan perhitungan Forbes, keluarga Bakrie punya aset senilai US$ 1 miliar (Rp 9,5 triliun), tapi belum jelas berapa yang jadi jaminan utang. Induk usaha grup Bakrie, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) menolak untuk membeberkan nilai aset dan utangnya tersebut.

Selain itu, kekayaan yang dimilikinya juga berkurang gara-gara penjualan beberapa aset seperti jalan tol. Jalan tol yang dijual ke Grup MNC milik Hary Tanoe antara lain tol Kanci-Pejagan (telah beroperasi), ataupun Pejagan-Pemalang, Pasuruan-Probolinggo, Batang-Semarang, Cimanggis-Cibitung, serta Ciawi-Sukabumi.

Akan tetapi, Grup Bakrie dinilai tidak akan bisa membayar utang-utangnya dengan cara menjual aset lainnya. Pasalnya, kebanyakan aset-aset tersebut sudah dijaminkan atau digadai untuk utang.
(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 27/10/2014 11:44 WIB
    Wawancara Khusus Menkeu
    Bambang Brodjonegoro: Kita Sebagai Menteri Bukan Superman
    Salah satu menteri Kabinet Kerja dari kalangan profesional adalah Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, yang didapuk sebagai Menteri Keuangan. Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini tidak asing dengan lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Gb Kamis, 30/10/2014 08:45 WIB
    Ellen May: Bye-bye QE
    Quantitative Easing, kebijakan Pelonggaran Kualitatif adalah sebuah kebijakan moneter di AS. Sekarang kebijakan ini sudah selesai.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut