Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 01 Mei 2019 00:00 WIB

Solusi Bisnis Unggul BCA Dukung Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Advertorial - detikFinance
Dusun Kopi Sirap-Gunung Kelir (Foto: dok. BCA) Dusun Kopi Sirap-Gunung Kelir (Foto: dok. BCA)
Jakarta -

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) terus berkomitmen untuk berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia, termasuk implementasi program-program CSR (Corporate Social Responsibility). Solusi Bisnis Unggul BCA adalah salah satu pilar CSR BCA yang menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan ekonomi. Sejak 2013, pilar ini telah dijalankan dengan menjalin kemitraan bersama komunitas di beberapa daerah. Secara khusus, program ini bertujuan membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

Sejalan dengan keunggulan solusi perbankan BCA, program ini dijalankan dengan harapan dapat berkontribusi dalam mendorong masyarakat agar mampu bertumbuh dan mencapai kemajuan secara mandiri. Dalam jangka panjang, program ini diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi nasional Indonesia. Hingga tahun 2018, BCA telah menjalankan kemitraan dengan komunitas dalam bentuk pendampingan desa binaan.

1. Desa Binaan Wirawisata Goa Pindul

Bekerja sama dengan Paguyuban Wirawisata Gelaran II, BCA mendukung pengembangan Desa Wirawisata Goa Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Paguyuban Wirawisata Gelaran II merupakan komunitas yang diprakarsai oleh karang taruna desa Bejiharjo.

Kemitraan dilakukan dengan tujuan mengembangkan potensi wisata di desa tersebut, yaitu destinasi wisata berupa goa dengan sebuah sungai yang dapat dilintasi sepanjang 350 meter dan selebar 5 meter. Pengembangan tersebut diharapkan dapat memberdayakan masyarakat setempat, melalui pembukaan lapangan pekerjaan dan lapangan usaha.

Dukungan kepada karang taruna Desa Bejiharjo disesuaikan dengan kompetensi dan keunggulan BCA, yaitu meliputi beragam pelatihan pengembangan kapasitas SDM berupa pelatihan soft skill pengelolaan wisata, seperti Pelatihan Golden Heart Leadership dan Pelatihan Creative Selling Skills. Bantuan pengembangan sarana wisata berupa renovasi sarana dan prasarana pendukung, seperti perbaikan saluran air, renovasi toilet, mushola, dan perapihan jalan menuju objek wisata.

2. Desa Binaan Pentingsari

Kemitraan BCA dengan Desa Binaan Pentingsari telah dijalankan sejak tahun 2014. Desa Binaan Pentingsari (Dewi Peri) yang terletak di lereng Gunung Merapi, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Potensi wisata yang dimiliki oleh Dewi Peri adalah yaitu sebagai desa wisata alam, wisata budaya, dan pertanian. Salah satu atraksi wisata yang ditawarkan adalah live in, yaitu kesempatan mengalami kehidupan di pedesaan secara langsung dengan tinggal bersama penduduk.

Pendampingan BCA pada desa binaan ini diimplementasikan di antaranya melalui pengembangan sarana dan prasarana, yaitu dengan pembangunan kantor sekretariat desa, standardisasi fasilitas homestay, serta perbaikan dan pembangunan joglo untuk menerima tamu. Pada tahun 2018, BCA membantu renovasi toilet bagi kaum difable dan membangun gerbang 'selamat datang'.

Selain itu, BCA juga memberikan dukungan dalam pengembangan sumber daya manusia dengan menyediakan berbagai program pelatihan. Pada tahun 2018, BCA memfasilitasi beberapa pelatihan, antara lain creative selling skill, leadership bagi segenap pengurus desa, komunikasi dan kepemimpinan terkait regenerasi pengurus, serta refreshment standardisasi homestay bagi seluruh pemilik homestay. Dalam jangka panjang, diharapkan program pelatihan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan pendapatan warga desa.

3. Desa Binaan Wukirsari

Sejak tahun 2015, BCA telah memberikan pendampingan di Desa Wukirsari yang terletak di Kecamatan Imogiri, Yogyakarta. Kawasan ini dikenal dengan seni tatah sungging (kerajinan kulit), yang berupa wayang kulit serta kerajinan kulit lainnya. Desa Wukirsari telah menjadi destinasi pembelajaran kesenian untuk turis lokal maupun mancanegara.

Dalam perkembangannya, Wukirsari tidak sekedar mahir membuat dan memasarkan produk wayang. Saat ini, Wukirsari telah mampu menyediakan jasa edukasi budaya dalam rangka pelestarian wayang tradisional bagi generasi muda. Untuk itu, pada tahun 2018, Desa Wisata Wukirsari berkolaborasi dengan program BCA 'Wayang for Student' mengembangkan program pelatihan dan pementasan wayang bagi siswa-siswa beberapa sekolah

BCA juga memberikan dukungan untuk kemajuan UMKM dengan memfasilitasi beberapa pelatihan, antara lain creative selling skill bagi tim pemasaran desa, serta Golden Heart Leadership sebagai pembekalan pengurus inti. Selain itu, dukungan juga diberikan dengan melibatkan pelaku UMKM Wukirsari pada beberapa pameran, seperti Pekan Raya Jakarta dan Indonesia Knowledge Forum (IKF) di Jakarta.

Selain itu, BCA juga mendukung kegiatan renovasi ruang pertunjukan Wayang, sebagai sarana pelestarian budaya wayang di Indonesia. Sebagai kelanjutannya, pada tahun 2018 BCA membantu untuk menyempurnakan ruang pertunjukan Wayang.

4. Desa Binaan Gemah Sumilir

Desa Binaan Gemah Sumilir memiliki potensi wisata sebagai salah satu sentra batik yang menawarkan sarana edukasi dan riset batik. Desa ini terletak di Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Sejak tahun 2016, BCA memberikan pendampingan, antara lain dengan memfasilitasi pengembangan soft skill pengurus desa binaan maupun donasi pengembangan sarana dan prasarana.

Pada tahun 2018, BCA melaksanakan pelatihan antara lain pelatihan membangun layanan yang profesional, leadership, creative selling skill dalam rangka pengembangan UMKM Batik Pekalongan. BCA juga memberikan kesempatan bagi UMKM anggota Koperasi Gemah Sumilir untuk memasarkan produk batik dalam pameran seperti PRJ, Indonesia Knowledge Forum & Expo, dan berbagai pameran lain di beberapa kota.

Solusi Bisnis Unggul BCA Dukung Pertumbuhan Ekonomi MasyarakatDesa Binaan Wukirsari (Foto: dok. BCA)

5. Dusun Kopi Sirap-Gunung Kelir

Kelir merupakan gunung yang berada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di lereng gunung inilah, puluhan hektare tanaman kopi dibudidayakan oleh petani desa. Di Dusun Sirap, Kecamatan Jambu, terdapat warung kopi bernama Warung Ndeso Doesoen Kopi Sirap yang didirikan oleh anak-anak petani kopi.Dusun Kopi Sirap-Gunung Kelir menawarkan wisata kuliner kopi sebagai hasil alam desa dengan tema 'Ngopi Asyik di Alam Indah Doesoen Kopi Sirap'.

Di desa ini, wisatawan dapat memperoleh pengetahuan mengenai kopi, mulai dari budi daya, pengolahan, hingga penyajian. Selain itu, tersedia berbagai macam jenis kopi dengan ciri khas masing- masing, yang dapat dinikmati pengunjung sambil menikmati keindahan alam yang asri dan nyaman.

Pada tahun 2018, BCA memberikan pembinaan dan pendampingan, antara lain berupa refreshment layanan prima, pelatihan creative selling skill, standarisasi layanan dan branding, serta bantuan infrastruktur rumah kopi dan perlengkapannya. BCA juga memberikan kurasi paket desa wisata dari Desa Pentingsari.

6. Desa Binaan Tamansari

BCA telah bermitra dengan Desa Binaan Tamansari sejak tahun 2015. Desa Binaan Tamansari berlokasi di lereng Gunung Ijen, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Potensi wisata Desa Tamansari yaitu menonjolkan pengalaman hidup di pedesaan seperti bertani, seperti berkebun kopi, cengkeh, dan cokelat, serta menambang belerang. Desa ini juga terkenal dengan kekayaan flora dan fauna serta kebudayaan setempat berupa Tari Gandrung.

Tahun 2018 BCA memberikan pelatihan leadership, pelatihan creative selling skill, pelatihan membatik, serta bantuan pendukung sarana dan prasarana seperti pembangunan tangga permanen menuju Sendang Seruni, penambahan toilet bagi pengunjung Sendang Seruni dan Gapura Sendang Seruni.

7. Desa Binaan Pucak Tinggan, Badung, Bali

Desa Binaan Pucak Tinggan (Dewi Cakti) terletak di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Di desa ini, terdapat Pucak Tinggan yang dikenal sebagai salah satu tujuan wisata religi bagi umat Hindu, khususnya Kharisma Pira Pucak Mangu. Desa ini juga memiliki daya tarik pada budaya serta pesona alamnya. Pelatihan layanan prima bagi pengurus Desa Wisata Pucak Tinggan, Plaga, Kabupaten Badung, Bali telah dilaksanakan BCA sejak tahun 2016.

Wisatawan dapat lebih mengenal tentang alam, lingkungan hidup, pengolahan hasil pertanian dan perkebunan, serta kesenian setempat. Wisatawan juga dapat melakukan trekking mengelilingi area Pucak Tinggan. Hingga tahun 2018, BCA memberikan pelatihan Membangun Standar Layanan Prima dan Golden Heart Leadership. Selain itu, BCA memfasilitasi uji coba layanan, sebagai sarana bagi para pengurus mendapatkan review dan evaluasi dari kacamata pengunjung.

Dalam rangka melengkapi sarana layanan wisata, BCA memberikan bantuan berupa papan informasi, papan nama setiap lokasi wisata, papan petunjuk arah, pembangunan toilet di area trekking serta perapihan taman.

8. Gunong Lumut

Kawasan hutan lindung Gunong Lumut memiliki potensi berupa kekayaan flora Belitung Timur yang tersebar di kawasan seluas 42.000 hektare, dengan puncak tertinggi 1.210 mdpl. Pada ketinggian

70 meter sebelum mencapai puncak gunung, wisatawan dapat menemukan berbagai jenis lumut yang terhampar pada permukaan tanah, batu dan pepohonan. Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan berbagai jenis anggrek.

Sejak tahun 2018, Gunong Lumut menjadi desa binaan BCA. Sebagai langkah awal, BCA memberikan pembekalan dan pelatihan kepada para pengurus, antara lain:

Pelatihan Layanan Prima dan Standar Layanan, diharapkan pengurus mendapatkan pengetahuan mengenai industri pariwisata, keterampilan berkomunikasi dan layanan. Pelatihan Golden Heart Leadership, sebagai pembekalan para leader dan calon leader agar lebih memahami fungsi dan peran leader, hingga efektivitas memimpin anggota tim melalui perilaku inspiratif.

Solusi Bisnis Unggul BCA Dukung Pertumbuhan Ekonomi MasyarakatWisata Aik Rusa' Berehun, Terong (Foto: dok. BCA)

9. Bukit Peramun

Nama Bukit Peramun berasal dari banyaknya tanaman lokal yang sering diramu oleh masyarakat menjadi obat-obatan. Desa ini terletak pada ketinggian 129 mdpl di wilayah Belitung Barat. Kekayaan flora dan fauna, dikembangkan dalam berbagai lokasi spot foto, antara lain berupa rumah hobbit, jembatan cinta, batu kembar, dan mobil terbang. Bukit Peramun juga dikenal sebagai desa berbasis digital, karena keberhasilan pengurus desa dalam mengaplikasikan sistem QR Code untuk memperkenalkan jenis dan manfaat tanaman di bukit Peramun, dan Virtual Guide dalam 2 bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan English.

BCA mulai melakukan pendampingan pada tahun 2018. Sebagai langkah awal, BCA memfasilitasi beberapa pelatihan, seperti Layanan Prima, Standar Layanan, Creative Selling Skill, dan Golden Heart Leadership. Dalam rangka menunjang sarana dan prasarana, BCA memberikan donasi pengembangan mushola, digital information system, tugu/prasasti, dan lain-lain.

10. Wisata Aik Rusa' Berehun, Terong

Wisata Aik Rusa' Berehun, Terong dikenal sebagai desa kreatif atas keberhasilannya mengubah kawasan bekas galian tambang yang terbengkalai menjadi salah satu destinasi wisata di Belitung Barat. Di desa ini, pengunjung dapat menikmati makanan khas Belitung yang lebih dikenal dengan nama bedulang, wisata air, homestay, camping ground, serta melihat pemandangan di Bukit Tebalu, kawasan mangrove, dan perkebunan sayur.

Mulai tahun 2018, Wisata Aik Rusa Berehun, Terong menjadi desa binaan BCA. Sebagai langkah awal, BCA memberikan pembekalan kepada para pengurus. Program yang dikembangkan berupa pelatihan, antara lain Layanan Prima dan Standar Layanan, Creative Selling Skill, Golden Heart Leadership. Untuk lebih memaksimalkan potensi yang ada, BCA turut membantu donasi pembangunan dapur demo masak, selfie spot, jembatan dan lain-lain.

11. Kampung Adat Minangkabau Sijunjung

Salah satu potensi wisata Kampung Adat Minangkabau Sijunjung adalah Rumah Gadang (rumah adat Minang) yang masih dipertahankan oleh penduduk desa. Uniknya, penduduk sekitar rumah adat berasal dari beragam suku. Pengunjung dapat mengenal secara langsung kebudayaan Minangkabau yang masih dilestarikan oleh penduduk desa.

Hingga saat ini,BCA memberikan dukungan berupa pelatihan soft skill untuk pengurus desa binaan berupa pelatihan Layanan Prima dan Refreshment Layanan Prima. BCA memberikan bantuan sarana dan prasarana, seperti alat kebersihan, perlengkapan bagi 15 rumah adat. Selain itu, BCA juga memberikan dukungan pengembangan sarana promosi seperti produksi video desa wisata dan donasi kegiatan olahraga bola voli memperebutkan piala Kemenpora RI yang dilaksanakan di kampung adat.

12. Desa Silokek

Desa Silokek telah ditetapkan menjadi kawasan geopark nasional. Panorama yang eksotik, warisan geologi, serta keanekaragaman flora dan fauna adalah kekayaan kawasan ini. Gua stalagtit dan stalagmit menjadi keindahan alam yang ditawarkan sebagai atraksi wisata. Selain itu, masih terdapat air terjun, pantai pasir putih, serta peninggalan sejarah zaman pendudukan Jepang berupa lokomotif uap yang bisa menarik wisatawan.

BCA mengembangkan program pelatihan soft skill untuk pengurus desa wisata serta bantuan sarana dan prasarana wisata seperti perlengkapan susur Goa di antaranya helm, senter kepala dan sepatu bot serta perlengkapan kebersihan seperti tempat sampah beroda. Selain itu, BCA juga memberikan bantuan produksi video pariwisata Silokek dan donasi kegiatan olahraga Sepak Takraw memperebutkan piala Kemenpora RI yang dilaksanakan di Pasir Putih, Silokek.

(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com