Cara Jitu Pilih Mitra Logistik yang Tepat untuk Pelaku Usaha

Advertorial - detikFinance
Selasa, 14 Des 2021 00:00 WIB
adv jexpress
Ilustrasi Mitra Logistik (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Memilih mitra logistik yang tepat dan terpercaya menjadi salah satu kunci sukses dalam berbisnis, terutama dalam menjaga loyalitas konsumen. Selain kualitas barang yang dijual, logistik juga memainkan peranan penting agar bisnis dapat berjalan sesuai rencana.

Dilansir dari BBC, pengertian logistik adalah memastikan produk yang diperoleh sesuai dan dapat tiba tepat pada waktunya. Logistik merupakan bagian penting dari manajemen rantai pasokan bisnis apapun yang melibatkan tiga elemen utama yaitu transportasi, penyimpanan dan distribusi.

Tentunya ketika pesanan sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik, tentu saja akan memuaskan dan membangun kepercayaan konsumen. Apalagi, saat ini, tren belanja online di Indonesia tengah melonjak dan perusahaan logistik dengan beragam pelayanan semakin menjamur.

Harga yang ditawarkan pun cukup kompetitif. Namun, jangan langsung tergiur, karena ada beberapa hal sebelum memutuskan mitra logistik mana yang benar-benar tepat untuk kebutuhan bisnis. Setidaknya ada lima hal yang wajib diperhatikan sebelum memilih mitra logistik.

Kredibilitas Mitra Logistik

Gali informasi mengenai perusahaan logistik dari berbagai sumber, seperti portal berita, website resmi perusahaan, serta review konsumen atau pelaku bisnis. Dengan begitu para pelaku usaha dapat melihat apakah perusahaan logistik tersebut memang terpercaya atau justru kurang kompeten.

Standar Operasional Prosedur Jelas

Perusahaan logistik wajib memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas untuk meningkatkan efisiensi, konsistensi serta keamanan bekerja. Dengan SOP yang jelas, semua keunggulan pelayanan dapat diwujudkan, misalnya terkait penjemputan barang, ketepatan waktu pengiriman, serta jaminan/garansi keamanan barang.

Tarif yang Transparan

Perhitungan tarif logistik sebaiknya transparan sejak awal. Jangan tergiur harga murah, tetapi banyak biaya tambahan di belakang. Sistem perhitungan tarifnya pun harus diperhatikan, apakah berdasarkan berat atau volume barang, jarak, dan sebagainya.

Kesiapan Terhadap Komplain

Pastikan saat konsumen melakukan pengaduan atau komplain, mitra logistik memiliki beberapa pilihan bantuan yang mudah dilakukan, misalnya customer care yang siap sedia, klaim pengembalian atau penukaran barang, dan sebagainya.

Pilihan Pengiriman dan Pembayaran

Layanan pengiriman dan pembayaran yang beragam dari mitra logistik memberikan keuntungan untuk para pelaku usaha. Sebaiknya pilihlah layanan pengiriman dan pembayaran yang sesuai dengan budget dan karakteristik bisnis.

Itu tadi beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum memilih sebuah mitra logistik. Tapi, apabila dirasa belum menemukan yang pas, para pelaku usaha bisa menggunakan bermitra dengan JX Indonesia yang sudah berpengalaman sejak tahun 2015. Mengapa harus JX Indonesia?

Pertama, layanan yang dimiliki JX Indonesia sangat beragam meliputi pengiriman B2C, B2B, cargo, customized delivery service, last mile, dan cross border last mile untuk klien korporasi, online seller, dan pelaku UMKM.

Khusus untuk customized delivery service, JX Indonesia menyediakan layanan pengiriman yang dapat disesuaikan dengan model bisnis klien korporasi. Contohnya tempat pick-up barang yang dapat disesuaikan, waktu pengiriman fleksibel, cara packing dan armada yang digunakan.

JX Indonesia memiliki 8 warehouse, lebih dari 250 drop point, dan lebih dari 3.000 kurir profesional dan terlatih yang mendukung operasional pengiriman barang. Selain itu, JX Indonesia juga telah dipercaya oleh banyak korporasi besar, seperti PT Unilever Indonesia Tbk, Kimia Farma, Arisan Mapan, PT MC Living Essentials Indonesia, dan PT Merapi Utama Pharma.

Soal metode pembayaran, JX Indonesia melayani berbagai metode pembayaran, yaitu regular delivery (metode transfer ATM, bank transfer, dan mobile banking), COD (cash on delivery), dan CSOD (card swipe on delivery).

Biaya admin COD dan CSOD JX Indonesia pun sangat kompetitif, mulai dari 2% untuk pencairan dana sebanyak dua kali seminggu, hingga 3% untuk pencairan dana tiga kali seminggu. Lalu bagaimana dengan layanannya?

JX Indonesia punya beragam layanan yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha, seperti layanan pick-up gratis tanpa minimum jumlah paket, sehingga penjual tidak perlu pergi ke gerai untuk mengirimkan paket.

Biaya COD dan CSOD pun hanya sebesar 2-3% tidak dibatasi oleh minimum jumlah transaksi atau nilai invoice. Kurir juga terjamin profesional dan terlatih dalam menangani pengiriman COD. Plus, garansi pengiriman cepat dengan on time delivery JX mencapai 98,01%.

JX Indonesia juga punya fasilitas aplikasi dan website tracking serta merchant dashboard untuk memantau pergerakan paket, membuat dan mencetak shipping label secara mandiri, serta memonitor dana COD dan CSOD yang terkumpul.

Buat para pelaku usaha yang memiliki website toko online juga bisa mengajukan integrasi API dengan sistem pengiriman JX. JX Indonesia juga merupakan perusahaan logistik dan ekspedisi multinasional yang menerapkan pengiriman berstandar nasional.

Dilengkapi juga dengan layanan Customer Experience JX yang meliputi call center, WhatsApp Business, dan email dengan tingkat respons mencapai 83%, yang artinya komplain konsumen ditanggapi pada hari yang sama.

Dengan segala keunggulan yang ditawarkan, JX Indonesia dapat diandalkan sebagai mitra logistik yang akan memperlancar bisnis para pelaku usaha.

Segera daftarkan bisnis di website j-express.id/business-register dan buktikan sendiri komitmen nyata dari JX Indonesia! (adv/adv)