Laporan dari Turki

RI Jadi Tuan Rumah Forum Menteri Tenaga Kerja Negara-nagara OKI

- detikFinance
Jumat, 26 Apr 2013 20:08 WIB
Istanbul - Para menteri tenaga kerja anggota OKI (Organisasi Konferensi Islam) bersepakat untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah dalam pertemuan internasional tenaga kerja negara-negara Islam tahun 2015 mendatang. Pertemuan yang diikuti 57 negara anggota tersebut berlangsung setiap dua tahun sekali.

Tahun ini, pertemuan setingkat menteri tersebut berlangsung di Azerbaijan, negara pecahan Uni Soviet yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

"Pertemuan para menteri tenaga kerja OKI di Indonesia kelak akan digelar di Bali," kata Menakertrans RI Muhaimin Iskandar, Kamis, di Istanbul (26/4/2013)

Ia mengemukakan hal itu saat berada di Istanbul usai mengikuti Minister Meeting anggota OKI di Azerbeijan. Muhaimin didampingi staf khususnya Abdul Wahid Maktoub dan dua Dirjen di kementeriannya. Di Istanbul, ia sempat dijamu makan siang Kedubes RI untuk Turki Hanari Agustini.

Menteri yang juga Ketum DPP PKB tersebut menjelaskan, di sela-sela pertemuan tersebut juga berlangsung pertemuan bilateral antar menteri tenaga kerja. Hasilnya? Pihaknya mendapat permintaan untuk memasok tenaga kerja bidang perminyakan.

"Kita juga sepakat untuk saling meningkatkan komunikasi antar menteri anggota OKI dalam hal ketenagakerjaan," tuturnya. Seperti diketahui, kini memang banyak dibutuhkan tenaga kerja terdidik untuk negara-negara Islam yang perekonomiannya makin meningkat.

Banyak negara Islam di Eropa Timur dan Afrika yang perekonomiannya maju pesat. Seiring dengan kenyataan tersebut, makin banyak dibutuhkan tenaga kerja dari berbagai negar Islam lainnya.

"Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat diharapkan bisa memasok tenaga kerja terdidik untuk negara Islam lain yang ekonominya sedang tumbuh pesat," tambahnya.

Saat berada di Istanbul, Cak Imin sempat bertemu Wagub Jatim Saifullah Yusuf dan Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar. Sekadar diketahui, PKB saat ini sedang menimang-nimang untuk mengusung Khofifah Indarparawansa atau Karsa (Karwo-Saifullah) dalam pilgub Jatim.

(hen/hen)