Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Jan 2016 17:33 WIB

Dua Menteri Saling Sindir Soal Lonjakan Harga Pangan, Ini Respons Darmin

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: agung pambudhy Foto: agung pambudhy
Jakarta - Dua anggota kabinet berbeda pendapat terkait naiknya sejumlah komoditas pangan yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Keduanya yakni Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong, dan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman.

Menanggapi kekisruhan tersebut, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan, perbedaan persepsi kedua menteri tersebut terjadi karena masing-masing memiliki metode dalam menyikapi gejolak harga tersebut.

"Artinya begini, itu kan masing-masing punya metode dan pandangannya sendiri. Kan ada kantor Menko yang akan mencari jalan. Jadi enggak usah khawatir," kata Darmin ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Darmin mencontohkan, dalam penanganan naiknya harga, kementeriannya telah memiliki kebijakan yang telah dikomunikasikan dengan kementerian terkait, sehingga tak seharusnya antar menteri saling menyalahkan.

"Kita sejauh ini punya kesepakatan untuk semua komoditi pangan penting itu perkiraan produksinya gimana? Kebutuhannya bagaimana? Impornya berapa banyak? Itu ada. Di situ diumumkan berkali-kali bahwa impornya berapa ada," jelas mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini.

Sebelumnya, Mentan Amran Sulaiman sempat curhat dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR, Senin (25/1/2016). Di hadapan anggota DPR, Mentan mengatakan, Kementerian Pertanian selalu disalahkan saat harga pangan naik.

Padahal, menurut Amran, masalah itu merupakan urusan Kementerian Perdagangan. Pernyataan tersebut mendapat respons Mendag Thomas Trikasih Lembong yang mengatakan masalah kenaikan harga pangan  tanggung jawab bersama dan sesama menteri seharusnya tak saling menyalahkan. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com