Follow detikFinance
Jumat 05 May 2017, 19:50 WIB

Ikuti Situasi Politik RI, Investor Asing Juga Pantau Pilkada DKI

Muhammad Idris - detikFinance
Ikuti Situasi Politik RI, Investor Asing Juga Pantau Pilkada DKI Foto: Bisma Alief Laksana/ detikcom
Tangerang - Investor asing sempat memantau suasana pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta. Salah satunya investor asal Taiwan.

Kepala Perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO) untuk Indonesia, John Chen Chung, mengatakan pilkada DKI menarik perhatian pengusaha Taiwan, termasuk aksi-aksi demo yang terjadi selama pilkada.

"Tentunya pemerintah Taiwan dan pengusaha sangat memperhatikan situasi politik di Indonesia. Tapi bagi kita, bukan soal siapa yang menang dan kalah, tapi proses Pilkada-nya," ucap Chen ditemui di Lembaga Pendidikan Keahlian (LPK) Teknik Formosa Sentral, Jati Uwung, Kota Tangerang, Jumat (5/5/2017).

"Tapi nyatanya kemarin Pilkada berlangsung damai dan hasil demokrasinya bagus. Di luar itu, siapa yang menang dan kalah, investor di Taiwan melihatnya dari sisi prosedur demokrasi yang sudah maju," katanya lagi.

Situasi yang masih kondusif tersebut, jelas dia, bisa dilihat dengan keakraban antara pemenang pemilu, Anies Baswedan, dengan Basuki Tjahaja Purnama atau beken disapa Ahok.

"Pak Ahok langsung ucapkan selamat ketika Pak Anies jadi gubernur terpilih. Dan Pak Anies bisa menjanjikan perbedaan pendapat selama kampanye tak lagi terjadi. Ini menunjukan demokrasinya sudah matang," ujar Chen. (idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed