Follow detikFinance
Selasa 16 May 2017, 15:46 WIB

Ada Tol Pertama Kalimantan, Balikpapan-Samarinda Cuma 1 Jam

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Ada Tol Pertama Kalimantan, Balikpapan-Samarinda Cuma 1 Jam Foto: Fadhly F Rachman
Jakarta - Jalan tol Balikpapan-Samarinda menjadi salah satu ruas yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ruas yang membentang sepanjang 99,35 km ini terus dikebut dan kini progres pembebasan lahannya telah mencapai 92,28% dan konstruksi 17,13%.

Dengan target pembebasan lahan yang bakal rampung tahun ini, proyek ini bakal dipacu pengerjaan fisiknya supaya bisa beroperasi pada akhir 2018 mendatang.


Pasalnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan agar proyek yang telah dimulai sejak tahun 2010 tersebut agar dipercepat waktu penyelesainnya lebih cepat dari target awal menjadi 2018.

"Kami targetkan di tahun 2018, tol Balikpapan-Samarinda sudah bisa dioperasikan semuanya. Kita awalnya target itu tahun 2019. Tapi waktu di Istana kan bilang tahun 2018, itu sudah percepatan sekali. Sebelumnya jangankan mikirin ini, mikirin selesainya saja enggak. Sekarang kita harus mikirin tahunnya dimajuin," kata Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna kepada detikFinance beberapa waktu lalu seperti ditulis di Jakarta, Selasa (16/5/2017).


Sebagai informasi, jalan tol Balikpapan-Samarinda dibangun dengan skema pembiayaan public private partnership (PPP). Total biaya termasuk Seksi 1 yg dibiayai APBD Provinsi dan Seksi 5 yang dibiayai pinjaman Cina dan APBN mencapai Rp 9,9 triliun.

Program prioritas pemerintah ini disaksikan langsung penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) nya oleh Jokowi pada 9 Juni 2016 lalu, dan dilakukan di Istana Negara, Jakarta.

Dengan beroperasinya jalan bebas hambatan sepanjang 99,35 km ini, diharapkan mampu mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke Samarinda atau sebaliknya.


Jika waktu tempuh sebelumnya 3 jam, maka dengan adanya jalan tol ini maka waktu tempuh Balikpapan-Samarinda atau sebaliknya maksimal hanya 1,5 jam. Bahkan dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam, sangat mungkin di tempuh dalam waktu 1 jam. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed