Follow detikFinance
Selasa 16 May 2017, 19:50 WIB

Gencar Pemeriksaan Pasca Tax Amnesty, Ditjen Pajak: Sudah Sosialisasi

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Gencar Pemeriksaan Pasca Tax Amnesty, Ditjen Pajak: Sudah Sosialisasi Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Jakarta - Setelah berakhirnya program tax amnesty atau pengampunan pajak, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak akan memeriksa para wajib pajak (WP). Pemeriksaan ini untuk mengoptimalkan potensi penerimaan pajak.

Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian Ditjen Pajak, Dasto Ledyanto, mengatakan lewat pemeriksaan ini diharapkan wajib pajak tertib melaporkan hartanya.

"Itu semua kita lakukan sosialisasi, kepada mereka, kepada masyarakat bahwa undang-undang tax amnesty mengatur seperti itu. Untuk ingatkan agar saat ikut tax amnesty tidak setengah-setengah atau tidak sepenuhnya," tutur Dasto di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017).

Baca juga: Pengusaha: Tertib atau Enggak, Tetap Dikejar Petugas Pajak

Pemeriksaan ini, lanjut Dasto, sesuai dengan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak kepada wajib pajak yang mengikuti tax amnesty tapi tidak melaporkan seluruh hartanya dan bagi wajib pajak yang tidak mengikuti pengampunan pajak.

"Ini kami tindaklanjuti, sekarang ini tax amnesty sudah selesai tentu kita harus tindaklanjuti itu. Itu case-nya bisa berbeda-beda," tutur Dasto.

Mengenai potensi repatriasi yang belum sepenuhnya kembali ke Indonesia, ia mengungkapkan Ditjen Pajak akan terus melakukan pengawasan agar komitmen repatriasi bisa kembali.

"Sabar dulu, kita akan melakukan, menjalankan itu," ujar Dasto.

Baca juga: Pengusaha: Petugas Pajak Jangan Seperti Berburu di Kebun Binatang (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed