Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 16:43 WIB

Ramai Bisnis Sapi Kurban Jelang Idul Adha, Berapa Modalnya?

Muhammad Idris - detikFinance
Ramai Bisnis Sapi Kurban Jelang Idul Adha, Berapa Modalnya? Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Saat menjelang Idul Adha, mulai banyak masyarakat yang berburu hewan kurban, baik sapi maupun kambing. Larisnya permintaan tersebut dimanfaatkan pedagang hewan musiman yang umumnya sudah membuka lapak 2 atau 3 minggu sebelum Lebaran.

Yanto, salah seorang di antaranya. Dirinya membangun kandang sementara dari terpal dan bambu di Jalan Raya Klender, Jakarta Timur. Menurutnya, modal berdagang sapi kurban sendiri sebenarnya cukup besar.

"Modalnya besar, taruhlah saya ada 100 ekor sekarang. Satu ekor sapinya Rp 20 juta. Berarti berapa tuh miliarnya," ujar Yanto kepada detikFinance, Jumat (11/8/2017).

Menurut dia, modal tersebut tentulah disesuaikan dengan jumlah dan berat sapi yang dijual. Semakin sedikit sapinya, tentu modalnya lebih kecil. Harga Rp 20 juta per ekor, menurutnya, adalah harga sapi pembelian yang memiliki berat kisaran 400 kg.


Menurut Yanto sapi yang dijual para pedagang musiman bisa merupakan sapi yang dibeli dari pasar hewan, atau membelinya langsung dari peternak.

"Belinya dari banyak daerah. Carinya di Jawa Timur dan Jawa Tengah, Malang, Banjarnegara, Cilacap, Magetan. Banyaklah," ujar Yanto.

Selain perlu modal besar untuk memborong sapi, pedagang hewan kurban musiman juga perlu menyediakan sewa tempat, dan biaya pakan selama kurang lebih 2 atau 3 pekan tergantung lama waktu membuka kandang.

"Itu juga perlu beli rumput. Dapatnya susah sampai Karawang. Harga rumput saya enggak hitung berapa. Karena ada yang urusin semua. Belum sewa tempat juga kita sekarang agak susah," ujar Yanto yang enggan menyebut tarif sewa lahan di Klender yang luasnya seperempat lapangan sepak bola untuk 100 ekor sapinya.


"Kalau modal kan relatif. Susah hitungnya tepatnya kalau sapinya beda-beda juga harganya dari peternak. Taruhlah satu sapi Rp 20 juta," imbuhnya.

Dia menuturkan, sapi-sapi tersebut rata-rata selalu habis saat jatuh Idul Adha.

"Kalau sapi setiap tahun hampir pasti habis. Kalau pun tidak habis paling 2 ekor atau 3 ekor. Biasanya tak jual dengan harga diskon," ungkap Yanto. (idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed