Follow detikFinance
Rabu, 30 Agu 2017 22:12 WIB

Menhub: Reaktivasi Jalur KA Bogor ke Bandung Selesai 2018

Syahdan Alamsyah - detikFinance
Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom
Sukabumi - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat. Dalam kunjungan ini Budi Karya menjelaskan proses reaktivasi jalur kereta Bogor-Sukabumi-Cianjur hingga ke Bandung.

"Kita reaktivasi dulu jalur dari Bogor, Sukabumi, Cianjur sampai ke Bandung pada 2018 selesai. Tahap kedua 2019 kita lakukan double track Bogor ke Sukabumi dan berlanjut (Double Track) pada 2020 dari Sukabumi ke Bandung, jadi ada dua jalur," terang Budi Karya saat inspeksi jalur lintasan Kereta Api (KA) Bogor-Sukabumi, di Stasiun KA Sukabumi, Rabu (30/8/2017).

Budi dan rombongan tiba di Sukabumi menggunakan kereta Inspeksi Wijaya Kusuma, disambut Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Hanafie Zein dan Kepala Dinas Perhubungan M Abdurachman.

Ia mengaku sangat menikmati perjalanan dengan kereta api dari Bogor menuju Sukabumi.

"Saya senang sekali sampai Sukabumi, Sukabumi dingin selama perjalanan juga pemandangannya indah," tutur Menhub

Menurutnya, reaktivasi dan perencanaan double track KA akan meningkatkan jumlah penumpang. Selain itu, mengalihkan barang-barang yang biasanya diangkut lewat jalan raya ke kereta.

"Harapannya nanti jumlah penumpang bertambah, KA makin nyaman dan juga bisa saving angkutan barang ke KA mengurangi kemacetan yang saat ini dikeluhkan masyarakat seiring dengan pembangunan tol Bogor-Cianjur-Sukabumi," lanjutnya.

Budi Karya menambahkan, kunjungan ke Sukabumi sekaligus mengecek jalur yang akan dilewati Presiden Joko Widodo (Jokowi) Presiden Jokowi akan mengunjungi Sukabumi menggunakan kereta pada Kamis (31/8/2017)

"Saya hari ini ingin mempersiapkan bapak presiden besok, oleh karenanya saya memastikan jalannya baik, keretanya baik, dan tidak ada halangan apapun," kata Budi Karya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed