Follow detikFinance
Jumat 29 Sep 2017, 15:36 WIB

Luhut Gelar Rapat Tanggul Laut dan Reklamasi Teluk Jakarta

Muhammad Idris - detikFinance
Luhut Gelar Rapat Tanggul Laut dan Reklamasi Teluk Jakarta Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Panjaitan menggelar rapat koordinasi (rakor) tindak lanjut reklamasi pesisir Utara Jakarta dan NCICD (National Capital Integrated Coastal Development) atau tanggul laut raksasa Jakarta.

Ditemui sebelum rakor, Sekda DKI Jakarta, Saefullah, mengatakan banyak yang akan dibahas dalam rapat tersebut seperti status jaringan kabel dan pipa yang ada di Teluk Jakarta.

"Ini kan terkait perencanaan, rencananya seperti apa nanti teknisnya baru kita kasih solusi. Nanti kita dengar dulu dari PLN ganggu apa enggak itu reklamasi. Padahal kan ada jarak 300 meter," kata Saefullah di kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Selain Saefullah, beberapa pejabat lain yang hadir antara lain Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan pejabat eselon I dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian PUPR.

Seperti diketahui, Konsep tanggul laut 'Garuda Raksasa' di perairan Teluk Jakarta dianggap sebagai opsi terbaik untuk mencegah Jakarta Utara tenggelam di 2050. Konsep ini banyak punya manfaat seperti adanya tanggul dan waduk raksasa di Teluk Jakarta. Proyek ini sempat groundbreaking pada 9 Oktober 2014.

Diperkirakan butuh anggaran hingga Rp 500 triliun (pemerintah dan swasta) untuk menyelesaikan proyek ini secepatnya pada 2022 atau paling lambat 2030. Proyek tersebut diintegrasikan dengan proyek reklamasi yang ada di Teluk Jakarta. (idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed