Follow detikFinance
Kamis, 11 Jan 2018 17:11 WIB

Tak Hanya Tenggelamkan Kapal, Begini Cara Susi Jaga Laut RI

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Modus pencurian ikan di laut Indonesia terbilang beragam. Pencurian ikan di laut tidak hanya murni dilakukan oleh kapal asing yang melintasi laut Indonesia.

Plt Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo mengungkapkan, ada juga modus pencurian ikan yang melibatkan kapal Indonesia dilakukan di laut lepas. Di bagian laut yang mendekati wilayah perbatasan ini dilakukan pengalihan ikan dari kapal Indonesia ke kapal asing.


Untuk itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan di bawah pimpinan Menteri Susi Pudjiastuti melakukan berbagai cara untuk menjaga laut RI dari maling ikan.

"Sekarang modusnya mereka menunggu di batas ZEE di laut lepas. Jadi kalau kapal-kapal Indonesia bergerak ke laut lepas kita pantau dengan segala macam metode," kata Nilanto dalam jumpa pers di Gedung Mina Bahari IV Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).

Nilanto menambahkan, pihaknya melaksanakan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga undang-undang untuk memberantas illegal fishing. Kerja sama dengan beberapa pihak terkait juga dilakukan untuk menjaga sumber daya perikanan Indonesia.

"Kita bekerja sama dengan semua unsur, semua pihak, baik dalam maupun luar negeri untuk memastikan sumber daya kita dalam keadaan sehat yang sesungguhnya," ujar Nilanto.


Mengenai rencana penenggelaman kapal di tahun ini, Nilanto menambahkan, dilakukan kepada kapal yang sudah ditetapkan keputusan hukumnya atau inkcracht.

"Ya semua kan nunggu inkracht dulu," tambahnya. (ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed