Follow detikFinance
Selasa 13 Feb 2018, 15:30 WIB

Susi Cek Pendataan Kapal Cantrang di Rembang

Arif Syaefudin - detikFinance
Susi Cek Pendataan Kapal Cantrang di Rembang Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti kunjungan kerja ke Rembang, Jawa Tengah, Selasa (13/2/18). Susi datang ke Rembang untuk mengecek proses pendataan dan verifikasi kapal cantrang.

Pendataan ini sesuai perintah Presiden Joko Widodo yang mengizinkan nelayan cantrang beroperasi, namun harus ada diatur. Menurut Susi Kementrian Kelautan dan perikanan (KKP) mengajak nelayan mengganti cantrang dengan alat tangkap ramah lingkungan.

"Mereka sudah mengerti kalau alat ini tidak bisa terus menerus dipakai. Kalau kita sayang sama anak cucu kita dan sayang sama usaha kita sendiri, karena supaya ikannya banyak. Mereka juga harus bisa benar-benar niat untuk berganti alat tangkap, kalau tidak ya kita tidak bisa bantu," ujar Susi, Selasa (13/2/18).


Dia menjelaskan banyak kapal cantrang yang mark down alias ukurannya dimanipulasi. Sementara Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung Rembang, Japar Lumban Gaol mengatakan di Rembang terdata sebanyak 312 kapal cantrang.

Rinciannya 251 kapal terdata di atas 30 GT, dan 61 sisanya menyebut di bawah 30 GT.

"Nanti kan diverifikasi ulang oleh Provinsi, kalau ini masih sebatas data saat ini. Bisa saja setelah selesai pendataan dan verfikiasi ini selesai dilakukan, data tersebut berubah," jelasnya.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed