Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Mar 2018 18:07 WIB

100 Pesawat Delegasi IMF Bakal Mendarat di Bali, Parkir di Mana?

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Persiapan gelaran IMF World Bank Annual meeting yang akan dilakukan di Nusa Dua Bali pada Oktober 2018 sudah dilakukan pemerintah Indonesia. Nantinya akan ada 4.000 orang delegasi anggota IMF dari berbagai negara. Transporasi yang mereka gunakan tentu saja pesawat terbang.

Diperkirakan akan ada 100 pesawat delegasi IMF yang akan mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Namun kapasitas apron atau area parkir pesawat Ngurah Rai tak cukup untuk menampung seluruh pesawat milik delegasi IMF itu. Lalu parkir di mana?

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ternyata sudah mempersiapkan 6 lokasi parkir untuk parkir pesawat para delegasi IMF nanti.

"Kita sudah prediksi ada 100 pesawat yang akan datang dan kita sudah perhitungkan mereka bisa masuk ke Bali, tapi parkirnya nggak semuanya bisa di Bali," kata dia usai memberikan sambutan dalam acara Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di Ballroom Hotel Sari Pasific, Jakarta, Jumat (2/3/2018).


Budi menjelaskan tempat parkir yang dia maksud yaitu beberapa bandara yang terdekat dari Pulau Bali. Sebagai informasi peserta dari negara anggota IMF dan Bank Dunia sudah mencapai 4.000 orang, belum lagi ditambah dengan delegasi dan staf lainnya yang ikut dalam rombongan. Jika dihitung secara keseluruhan, maka diperkirakan jumlah peserta IMF-World Bank Annual Meeting 2018 mencapai 15.000 orang.

"Ada yang di Surabaya Makassar, Mandalika dan sebagainya," ujar dia

Nantinya IMF-World Bank Annual Meeting 2018 direncanakan akan berlangsung pada tanggal 9-14 Oktober 2018, tapi pertemuan resminya sendiri berlangsung mulai tanggal 12-14 Oktober 2018. Sepanjang pertemuan tahunan di Bali kali ini diperkirakan ada lebih dari 2.000 pertemuan, baik dalam jumlah besar maupun kecil.

Hingga siang ini diketahui, ribuan kamar hotel di kawasan Nusa Dua, Bali sudah dipesan untuk penginapan delegasi IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Dari data yang dihimpung detikFinance, ribuan kamar hotel sudah dipesan sejak tahun lalu. Para delegasi untuk pertemuan IMF-World Bank Oktober mendatang sudah melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari.

Selain itu, delegasi IMF-World Bank Annual Meeting 2018 juga ditawarkan paket pariwisata setelah gelaran acara berlangsung. Beberapa destinasi wisata seperti Lombok, Labuan Bajo, hingga Raja Ampat ditawarkan kepada ribuan delegasi. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com