Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 05 Mar 2018 10:40 WIB

Di depan Akuntan, Ketua OJK Paparkan Kondisi Ekonomi RI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Ketua OJK Wimboh Santoso/Foto: Achmad Dwi/detikFinance Ketua OJK Wimboh Santoso/Foto: Achmad Dwi/detikFinance
Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso memaparkan kondisi perekonomian terkini. Hal itu disampaikan Wimboh dalam acara ulang tahun ke-33 kantor akuntan publik dan konsultan RSM Indonesia.

Dalam paparannya, Wimboh mengatakan, perekonomian Indonesia dalam kondisi baik. Bahkan, Wimboh bilang, tahun ini kesempatan untuk memacu perekonomian.

Bukan tanpa alasan, menurut Wimboh, kesempatan tersebut mesti dimanfaatkan mengingat perekonomian dunia diproyeksi tumbuh lebih tinggi.


"Karena ekonomi dunia sudah mulai jalan cepat, bukan hanya menggeliat sudah jalan cepat. Sehingga prediksi-prediksi yang tadinya sangat moderat, confirm lebih tinggi lagi," kata dia di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Senin (5/3/2018).

Indonesia, lanjut Wimboh, memiliki modal yang cukup. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun lalu sebesar 5,07 persen. Sementara, inflasi tahun 2017 terpantau rendah.

"Untuk itu Indonesia 2017 di mana pertumbuhan ekonomi 5,07 dan inflasi 3,18 modal bagus untuk kencang karena inflasi tak memberikan kendala untuk tumbuh lebih cepat di 2018," ujarnya.


Wimboh menambahkan, sektor keuangan dalam kondisi siap untuk mendorong perekonomian. Sebut Wimboh, perbankan memiliki modal yang cukup dan kredit bermasalah yang rendah.

"Juga di perbankan, ini kita punya modal cukup baik 23,6 persen, non performing loan (NPL) sudah semakin rendah di bawah 3 persen, uang perbankan cukup besar," tutup dia. (zul/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed