Follow detikFinance
Rabu, 07 Mar 2018 17:16 WIB

Sri Mulyani Ingin Pekerja Seni Berkreasi Tanpa 'Dihantui' Pajak

Muslimin Abbas - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Ambon - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hadir di Konferensi Musik Indonesia dan Festival (KAMI) di Taman Budaya, Karang Panjang, Sirimau, Ambon. Dalam sambutannya, Sri Mulyani sempat bertanya, kenapa sebagai menteri keuangan diundang dan berada di tengah para pekerja seni.

Menurut Sri Mulyani, bisa jadi dia diundang sebagai personel Elek Yo Band

"saya terasa sangat terharu dan merasa terhormat diundang karna tadinya saya bertanya-tanya kenapa saya (menteri keuangan). Kalau saya diundang sebagai anggota elek yo band ya mungkin pantas tapi menteri keuangan mencoba apa yang dibutuhkan teman-teman pekerja seni dalam pembahasan Konferensi Musik Indonesia hari ini," ujar Sri Mulyani di Ambon, Rabu (7/3/2018).


Personel Elek Yo Band terdiri dari sejumlah Menteri Kabinet Kerja di antaranya Menteri Luar Negeri,Menteri Perhubungan,Menteri Ketenagakerjaan,Menteri Pekerjaan dan Perumahan rakyat ,Band tersebut pertama tampil di pernikahan anak Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Sri Mulyani juga meminta maaf kepada para pekerja seni yang telah mengundangnya sebagai keynote speaker Konferensi Musik Indonesia dan ia meminta mereka tidak menghindar saat ada penjelasannya soal keuangan negara.

"Saya waktu itu sudah berjanji ikut hadir diminta menyampaikan kata pembuka karna saya adalah menteri keuangan jadi mohon maaf untuk mengundang saya ke sini maka anda semuanya tidak terhindarkan untuk mendengarkan penjelasan saya mengenai keuangan Negara dulu," tutur Sri Mulyani.


Sri Mulyani mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperhatikan perkembangan industri kreatif, makanya dibentuk Badan Ekonomi Kreatif. Selain itu, Sri Mulyani juga meminta pemerintah daerah menyiapkan tempat-tempat untuk menyalurkan kreativitas para pekerja seni.

Sri Mulyani menambahkan, dia juga terus mengajak para masyarakat pekerja seni untuk dapat berdiskusi terkait pengenaan pajak

"Dari sisi pajak, kami akan membantu dan mendukung apa yang selama ini menjadi formula mari kita diskusikan apakah itu adil dan tidak adil bagaimana masyarakat pekerja seni dan para pemusik Indonesia bahwa mereka mendapat ruang yang cukup untuk berinovasi, berkreasi tanpa merasa terhantui dari sisi perpajakan namun tetap menjalankan tugas konstitusi sebagai warga negara pembayar yang baik," terang Sri Mulyani. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed