Follow detikFinance
Senin, 19 Mar 2018 10:06 WIB

Tiket TransJabodetabek Premium Rp 10.000 Berlaku per Hari Ini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta tarif bus TransJabodetabek Premium rute Bekasi-Jakarta turun dari Rp 20 ribu menjadi Rp 10 ribu. Hal itu diterapkan supaya masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum imbas kebijakan ganjil-genap di Tol Jakarta-Cikampek.

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) sebagai salah satu operator bus tersebut menyatakan, telah mengikuti instruksi tersebut mulai hari ini.

"Mulai hari ini Rp 10 ribu," kata Kepala Humas Transjakarta Wibowo kepada detikFinance, di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Dia mengatakan, Transjakarta sendiri menyediakan 20 bus untuk melayani rute tersebut. Adapun bus yang dioperasikan ialah Royaltrans.



Pihaknya pun juga menampik adanya kabar jika operator tidak melakukan penyesuaian harga itu. Dia mengatakan, perusahaan telah mengikuti arahan menteri.

"Kalau bukan Royaltrans, di luar wewenang Transjakarta," katanya.

Untuk diketahui, ada tiga operator yang mengoperasikan bus TransJabodetabek Premium, antara lain Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD), TransJakarta (Royaltrans), dan Bluebird (Big Bird).

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, bus TransJabodetabek Premium belum optimal menyerap penumpang. Lantaran, tingkat keterisiannya baru 30%.

"Ada satu belum maksimal yaitu penggunaan, karena memang melakukan jalur khusus kita harapkan semua penumpang itu pindah jalur khusus dengan premium. Tercatat masih 30%, dari okupansi yang disediakan," tutup dia.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed