Follow detikFinance
Kamis, 19 Apr 2018 22:45 WIB

Bagaimana Kondisi Ekonomi RI Triwulan I-2018? Ini Kata BI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Perekonomian Indonesia pada kuartal I-2018 diperkirakan tumbuh lebih baik dari periode yang sama tahun sebelumnya. Bank Indonesia (BI) menyebutkan perbaikan pertumbuhan tersebut ditopang oleh permintaan domestik khususnya investasi.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo menjelaskan investasi meningkat baik pada sektor bangunan maupun non bangunan. Investasi bangunan meningkat sejalan dengan kemajuan proyek infrastruktur oleh pemerintah dan swasta.

BI memproyeksikan pertumbuhan tersebut masih dalam kisaran 5,1%, namun keseluruhan 2018 diprediksi 5,1%-5,5%. Dody menjelaskan peningkatan investasi non bangunan terutama terjadi pada sektor primer, khususnya pertambangan.


"Survei Kegiatan Dunia Usaha Bank Indonesia kuartal I 2018 menunjukkan adanya peningkatan kegiatan dunia usaha dan diikuti oleh membaiknya kinerja korporasi non keuangan di berbagai sektor," ujar Dody dalam konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Menurut Dody konsumsi swasta diperkirakan meningkat didukung oleh penguatan daya beli, seiring dengan perbaikan pendapatan dan akselerasi penyaluran bantuan sosial, serta peningkatan pengeluaran terkait pilkada serentak.


Dari sisi eksternal, ekspor tumbuh positif terutama bersumber dari ekspor komoditas pertambangan dan produk manufaktur yang membaik.

Sementara itu, impor juga diprakirakan meningkat khususnya barang modal dan bahan baku. Dengan perkembangan tersebut, untuk keseluruhan 2018, perekonomian Indonesia diprakirakan tumbuh pada kisaran 5,1-5,5% (yoy).

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed