Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 24 Apr 2018 14:48 WIB

Pemerintah Ajak UMKM Jualan Online

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Gerakan UMKM Ayo Jualan OnlineFoto: Puti Aini Yasmin/detikFinance Gerakan UMKM Ayo Jualan OnlineFoto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Emilia Suhaimi mengatakan pertumbuhan bisnis digital meningkat sebesar 17% dalam 10 tahun terakhir dengan total 26,2 juta pengusaha online.

"Pertumbuhan bisnis digital Indonesia dalam 10 tahun terakhir tumbuh sekitar 17% dengan total sekitar 26,2 juta pengusaha online berdasarkan data BPS, 2016 dan data dari Social Research & Monitoring menunjukkan transaksi online mencapai US$ 4,89 miliar dari 8,7 juta online shopper," kata dia dalam acara Gerakan Ayo UMKM Jualan Online di Thamrin City, Jakarta, Selasa (24/4/2018).


"Hal ini merupakan peluang bagi pelaku startup UMKM dalam mengembangkan usahanya melalui bisnis online," sambungnya.

UMKM juga berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja dan produk domestik bruto (PDB).


"Ini memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja 96,99%. Luar biasa dan kontribusi ke PDB ekonomi Indonesia 62,58%," ungkapnya.

Sementara itu, dalam acara ini terdapat pula stand marketplace atau toko online agar para pelaku usaha UMKM dapat langsung berdagang online. Toko online tersebut adalah Blanja.com, Shopee, Blibli, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com