Follow detikFinance
Rabu, 09 Mei 2018 11:31 WIB

Sudhamek, Orang Kaya RI yang Pernah Mau Ganti Nama karena Diejek

Trio Hamdani - detikFinance
Sudhamek. Foto: Trio Hamdani/detikFinance Sudhamek. Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Jakarta - Kesuksesan bukan hadiah yang diperoleh seseorang secara instan. Tak jarang beratnya lika-liku kehidupan yang justru menghantarkan kesuksesan. Seperti yang dialami Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto (AWS), Chairman PT GarudaFood Group, yang sempat mau ganti nama karena namanya jadi bahan ejekan.

Orang terkaya ke 38 di Indonesia versi Forbes 2017 ini, bercerita bagaimana semasa muda sering jadi sasaran bully kawan-kawan sebayanya hanya perkara nama yang dianggap aneh.

"Kalau SD saya nggak terlalu merasakan ya. Saya mulai merasakan itu SMP, SMA, itu saya memang merasa mengalami masa masa seperti itu, dibully," katanya saat berbincang dengan detikFinance, pekan lalu.

Selama tiga tahun di bangku SMA, Sudhamek sudah kenyang ditertawakan karena namanya.


"Nama saya aneh kan. Nama Sudhamek itu di Indonesia cuma ada satu itu, sehingga setiap hari kalau absensi itu kayaknya saya kayak diadili gitu. Saya sudah tahu sebentar lagi ini begitu nama saya disebut pasti (murid lain) tertawa. Bayangkan itu setiap hari selama 365 hari dikalikan 3 tahun," ujarnya.

Namun, lama-lama dia terbiasa dengan cemoohan kawan-kawannya itu.

"Saya mulai melakukan perlawanan. SMA kelas 2 dan 3 saya mulai terbiasa, artinya saya mulai pelan-pelan menemukan jati diri saya. Jadi waktu masuk SMA masa masa krisis itu sudah lewat," lanjutnya.



Meski lama-lama terbiasa, Sudhamek mengaku pernah ingin mengganti namanya. Tapi akhirnya niat tersebut dia urungkan, sampai akhirnya nama tersebut masih menjadi identitas dirinya hingga kini.

"Pernah, pernah saya sempat mau ganti nama tapi ya akhirnya (tidak)," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed