Follow detikFinance
Kamis, 10 Mei 2018 13:45 WIB

Antisuap, Balai Karantina Pertanian Denpasar Dapat ISO SMAP

Mustiana Lestari - detikFinance
Foto: Kementan Foto: Kementan
Jakarta - Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Denpasar menerima Sertifikat SNI ISO 37001: 2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Penghargaan itu langsung diserahkan oleh Lembaga Garuda Sertifikasi Indonesia selaku lembaga penilai kepada Kepala Badan Karantina Pertanian (Baratan) Kementan Banun Harpini yang mewakili BKP Denpasar.

"Penghargaan ini sangat prestisius bagi institusi!" kata Banun dalam siaran persnya, Kamis (10/5/2018).

Banun bersyukur jajaran Barantan terus menjaga integritas dan berkomitmen mewujudkan sistem antipenyuapan.

"Ini adalah gerakan masif satu-satunya instansi pemerintah di Indonesia terhadap antipenyuapan", ujar Banun.

Lebih lanjut Banun berharap para pegawai karantina pertanian terus konsisten dan berkomitmen dalam mencegah penyuapan.


Sementara Kepala Balai Karantina Pertanian kelas I Denpasar, Putu Terunanegara menyampaikan sertifikasi ini akan mendorong BKP Denpasar untuk terus mengendalikan praktik penyuapan dengan cara mencegah, mendeteksi, melaporkan, dan menangani penyuapan.

"Ini bagian dari komitmen kami untuk mengimplementasikan pelayanan dan integritas yang lebih baik", terang Terunanegara.

Pihaknya juga mengaku terus akan fokus membangun sistem yang baik agar makin baik melayani masyarakat 24 jam 7 hari dan terpercaya.


Sebagai implementasi sertifikat ISO ini, seluruh pegawai dan pimpinan karantina Denpasar dan stakeholder eksternal telah melakukan penandatanganan pakta integritas dan komitmen antipenyuapan.

Dengan diterimanya ISO 37001:2016 menandai organisasi tersebut mempunyai sistem antipenyuapan dan antikorupsi yang sesuai prosedur.
Sertifikasi ISO 37001:2016 dinilai sebagai perlindungan untuk mencegah adanya suap di suatu lembaga saat memberikan pelayanan terhadap pengguna jasa maupun rekanan bisnis lainnya. (mul/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed