Follow detikFinance
Sabtu, 26 Mei 2018 20:15 WIB

Panen 30 Ton/ Ha, Potensi Buah Naga Sleman Capai Rp 900 Juta

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Ardian Fanani Foto: Ardian Fanani
Jakarta - Berada di lereng Gunung Merapi, Sleman dianggap memiliki tanah subur untuk memproduksi buah naga terbesar. Bahkan, di salah satu perkebunan buah naga Sleman berpotensi menghasilkan 20 hingga 30 ton per hektare dengan nilai mencapai Rp 900 juta.

"Ini sesuatu yang luar biasa. Bayangkan, lahan tidak produktif bisa diolah menjadi kebun buah naga. Apalagi bisa memberi lapangan kerja warga sekitar juga. Tapi memang tantangan di kita adalah varietas unggul preferensi konsumen dan teknologi budidaya," ujar Dirjen Hortikultura Suwandi dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/5/2018).



Itu dikatakan Suwandi saat mengunjungi wisata agro Sleman, Yogyakarta hari ini. Pemiliki wisata agro Sabila Farm, Muhamad Gun Sutopo, mengatakan pihaknya mengelola lahan seluas 10 hektare untuk buah-buahan, termasuk buah naga yang luasnya 4 hektare.

"Ada 4 hektare khusus buah naga, ada 1.000 pohon per hektare. Sisanya untuk sirsak, alpukat, jeruk, srikaya, pisang, durian dan sayuran," ungkapnya.

Gun Sutopo mengatakan pihaknya telah memperluas jaringan binaan ke 17 lokasi dengan luas tanam 600 hektare di Jawa dan luar Jawa. Buah naga yang dihasilkan bahkan telah diekspor ke kawasan Eropa dan Amerika Latin.

Sementara Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Sleman Edi Sri Harmanto menjelaskan Sleman memiliki potensi besar untuk buah naga yakni mencapai 300 hektare.



Dengan permintaan masyarakat yang terus meningkat, buah naga dinilainya memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan.

"Perbanyakan bibitnya pun mudah, bisa menggunakan cara vegetatif. Saat ini hanya ada sekitar 20 hektare buah naga di Sleman. Permintaan pasar lokal sendiri tidak pernah terputus. Selain untuk pemenuhan di wilayah Yogya sendiri, buah naga dari Sleman juga dipasok ke daerah Bogor dan Jakarta," pungkas Edi. (mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed