Follow detikFinance
Kamis, 21 Jun 2018 19:55 WIB

Bayar Tol JORR Jauh Dekat Sama, Pengusaha: Biaya Logistik Turun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) meyakini, integrasi sistem transaksi Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan memangkas biaya logistik. Sebab, adanya integrasi bisa memangkas tarif tol yang dibayarkan sampai separuhnya.

Wakil Ketua Aptrindo Kyatmaja Lookman menerangkan, sebelum integrasi pengusaha membayar mahal untuk tol. Untuk Akses Tanjung Priok misalnya, angkutan barang bisa membayar tol sampai Rp 45 ribu (golongan V).

Adanya integrasi sistem transaksi itu, angkutan barang hanya membayar Rp 30 ribu tanpa memperhitungkan jarak.


"Kalau buat kita hemat setengah untuk pengusaha truk, statement Pak Jokowi ngomong penurunan biaya logistik kita setuju," kata dia saat dihubungi detikFinance di Jakarta, Kamis (21/6/2018).

Apalagi, kata Kyatmaja, integrasi dilakukan pada jalur penting. Sehingga, dia yakin, integrasi tersebut mampu menekan biaya logistik.


"Masalahnya kan kalau di tol nggak laku sama saja bohong, ruas-ruas tol baru. Kalau ini JORR itu benar. Kata-kata Pak Presiden benar sekali akan membantu menurunkan biaya logistik," ungkapnya.

Di samping itu, dia mengatakan, adanya integrasi Tol JORR menguntungkan para sopir truk. Dengan ongkos tol lebih murah, maka sopir punya penghasilan lebih.

"Pengemudi akan dapat penghematan ongkos angkut dari uang jalannya, pengemudi akan dapat kelebihan dibawa pulang. Saya atas nama teman-teman pengemudi mengucapkan terima kasih ke Pak Presiden karena akan dapat dampak langsung," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed