Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Jun 2018 11:38 WIB

Libur Pilkada, Apindo: Kita Minta Karyawan Tetap Masuk

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Arbi Anugrah Foto: Arbi Anugrah
Jakarta - Pemerintah menetapkan pelaksanaan Pilkada serentak hari ini sebagai libur nasional. Lantas, apakah hari ini pengusaha meliburkan karyawannya?

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengimbau anggotanya tetap mempekerjakan karyawannya seperti biasa. Itu sudah dia sampaikan kepada para anggota Apindo.

"Kalau saya imbau teman-teman Apindo, kalian tetap jalan. Kita minta karyawan nggak libur. Kalau karyawan memahami, memang betul-betul pikirannya untuk perusahaan," katanya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (27/6/2018).


Saksikan juga video 'Usai Nyoblos, Cawagub Ahmad Syaikhu Merapat ke Bandung':

[Gambas:Video 20detik]


Imbauan juga disampaikan ke para karyawan. Pihaknya pun di internal telah bernegosiasi agar kegiatan ekonomi perusahaan tetap jalan.

"Posisi kita internal Apindo untuk kita negosiasi ke karyawan. Kita masuk juga, walaupun bank tutup, jantung ekonomi kita berhenti. Yang penting apa yang bisa dikerjakan, kita kerjakan," jelasnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia menyampaikan pihaknya meliburkan karyawan. Itu sebagaimana Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 14 Tahun 2018.
"Ya pasti (karyawan diliburkan). Sudah ada Keppres Nomor 14 kan kalau tidak salah tentang hari libur nasional. Maka itu tidak hanya berlaku untuk pegawai negeri, tapi seluruh pegawai swasta pun berlaku," ujarnya.

Menurutnya, karyawan diberi hak libur agar bisa menggunakan suaranya sebaik mungkin dalam memilih kepala daerah.

"Kan terkait dengan Pilkada serentak. Pilkada serentak kan banyak karyawan kita juga yang di daerahnya itu harus menentukan hak pilihnya. Ini sebagai bentuk penghargaan kita terhadap bagaimana proses kemajuan demokrasi," lanjutnya.

Namun dirinya tak menutup kemungkinan bila ada anggotanya yang mungkin tetap mempekerjakan karyawannya hari ini.

"(Yang tetap mempekerjakan karyawan) mungkin kecil, kecil kemungkinan itu ada," tambahnya.

Libur Pilkada, Apindo: Kita Minta Karyawan Tetap Masuk
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com